Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hindari Makanan Ini untuk Mencegah Sakit Mag

Rabu, 24 Juli 2019 – 16:59 WIB
Hindari Makanan Ini untuk Mencegah Sakit Mag - JPNN.COM
Sakit maag. Ilustrasi Foto: Pixabay

jpnn.com - Sakit mag atau dispepsia dikenal sebagai penyakit akibat terlambat makan atau pola makan tidak teratur. Penderita sakit mag pada umumnya akan merasakan tidak nyaman pada perut bagian atas atau sekitar ulu hati yang sifatnya berulang dan kronik. Agar kekambuhan mag tak terjadi, Anda dianjurkan untuk makan secara teratur. Namun, beberapa makanan juga sebaiknya dihindari untuk mencegah mag kambuh.

Pencetus mag

Kekambuhan mag pada umumnya dicetuskan oleh adanya infeksi pada lambung atau produksi asam lambung berlebihan. Selain itu, penderita juga dapat mengalami peradangan pada mukosa lambung (gastritis), adanya ulkus pada lambung, atau adanya refluks asam lambung (gastroesophageal reflux disease/GERD).

Pada beberapa orang, gejala mag dapat timbul, meski tidak dijumpai gangguan pada lambungnya. Hal ini dikenal dengan dispepsia fungsional. Individu yang mengalami dispepsia fungsional sering kali mengalami kecemasan atau depresi. Gejala dispepsia akan membaik dengan mengobati depresi atau kecemasannya.

Makanan yang harus dihindari penderita mag

Jenis makanan yang Anda pilih dapat mencetuskan bahkan memperberat gejala sakit mag Anda. Apa saja makanan yang lebih baik dihindari bagi penderita sakit mag?

1. Makanan tinggi lemak

Berdasarkan sebuah penelitian, makanan dengan kandungan lemak yang tinggi berhubungan dengan gejala dispepsia yang semakin buruk. Penambahan lemak dalam makanan dapat menyebabkan gejala kembung dan mual pada pasien dispepsia.

Penderita sakit mag pada umumnya akan merasakan tidak nyaman pada perut bagian atas atau sekitar ulu hati yang sifatnya berulang dan kronik.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close