Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hiu Tutul Dimutilasi, Lihat Nih

Senin, 06 Juli 2020 – 19:07 WIB
Hiu Tutul Dimutilasi, Lihat Nih - JPNN.COM
Sejumlah warga memutilasi ikan hiu tutul yang terdampar di Pantai Nyamplong Kobong, Desa Kepanjen, Kecamatan Gumukmas, Jember, Minggu (5/7). Foto: ANTARA/HO

jpnn.com, JEMBER - Selama sepekan terakhir tiga ekor hiu tutul terdampar di pesisir selatan atau tepatnya di Pantai Nyamplong Kobong, Kabupaten Jember.

Seekor hiu tutul sudah mati akibat tersangkut jaring nelayan setempat.

"Memang benar ada tiga ekor hiu tutul yang terdampar di Desa Kepanjen, pesisir selatan Jember, dua ekor hiu berhasil diselamatkan dengan menggiring ke tengah laut dan satu hiu sudah mati," kata Kabid Sumberdaya dan Pascapanen Dinas Perikanan Kelautan Jember Rokhmatullah Hadi, Senin.

Berdasarkan laporan dari Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas), dua ikan hiu tutul yang terdampar di pantai yang berada di Desa Kepanjen pada Jumat (3/7) dan Sabtu (4/7) berhasil diselamatkan dengan mendorong ikan hiu tersebut ke tengah laut yang dilakukan nelayan dan Pokmaswas setempat.

"Pada Ahad (5/7), seekor ikan hiu tutul sepanjang 4 hingga 5 meter dengan berat mencapai 1 ton terdampar di Pantai Nyamplong Kobong dalam kondisi mati karena terjebak jaring nelayan dan dagingnya dimutilasi oleh masyarakat setempat untuk dikonsumsi," tuturnya.

Ia menjelaskan ikan hiu yang merupakan salah satu hewan yang dilindungi tersebut terdampar di pesisir selatan Jember karena diduga peralihan musim dari musim hujan ke kemarau, sehingga terjadi migrasi ikan hiu tersebut ke tepi pantai.

"Peralihan musim itu berpengaruh pada temperatur air laut hingga menyebabkan migrasi hiu untuk mencari makanan dengan mengikuti perubahan temperatur air tersebut," katanya.

Rokhmatullah mengatakan, pihaknya akan lebih gencar lagi untuk memberikan edukasi kepada masyarakat di pesisir pantai selatan untuk ikut menjaga kelestarian sumber daya perikanan yang dilindungi.

Selama sepekan terakhir tiga ekor hiu tutul terdampar di pesisir selatan atau tepatnya di Pantai Nyamplong Kobong, Jember.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close