Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

HKN 2024: Ada 8 Kebaya Legendaris Koleksi Ibu Tien Soeharto

Senin, 22 Juli 2024 – 10:51 WIB
HKN 2024: Ada 8 Kebaya Legendaris Koleksi Ibu Tien Soeharto - JPNN.COM
Ketua Umum Kowani Giwo Rubianto Wiyogo (kiri) saat bertemu dengan Titiek Soeharto (kanan) untuk membahas pameran kebaya dalam HKN 2024 di Jakarta pada Minggu (21/7/2024). Foto: ANTARA/HO-Kowani

jpnn.com - JAKARTA – Koleksi kebaya mendiang istri dari Presiden ke-2 Soeharto, Raden Ayu Siti Hartina atau yang akrab disapa Tien Soeharto bakal ditampilkan pada peringatan Hari Kebaya Nasional (HKN) 2024.

Peringatan HKN 2024 akan diselenggarakan di Istora Senayan, Jakarta pada 24 Juli mendatang.

“Sebanyak delapan kebaya legendaris koleksi Ibu Tien akan ditampilkan. Kowani sudah melakukan audiensi dengan anaknya yakni Ibu Titiek Soeharto. Beliau sangat mengapresiasi pelaksanaan Hari Kebaya Nasional yang akan diselenggarakan untuk pertama kalinya ini,” kata Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) Giwo Rubianto Wiyogo dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin (22/7).

Giwo menjelaskan delapan kebaya yang akan ditampilkan tersebut merupakan kebaya model kutu baru yang dipasangkan dengan kain wiron, sebuah kain batik yang salah satu ujungnya dilipat-lipat seperti kipas.

Koleksi kebaya dan kain tersebut nantinya akan dipasang di manekin, sehingga pengunjung dapat berfoto bersama dengan kebaya koleksi Ibu Tien Soeharto.

Giwo menjelaskan dipamerkannya kedelapan kebaya tersebut merupakan bentuk kekaguman Titiek Soeharto akan adanya penyelenggaraan Hari Kebaya Nasional.

Alasan lainnya yakni adanya peran Ibu Tien Soeharto yang semasa hidupnya juga dikenal sebagai perempuan Indonesia yang mencintai kebaya secara konsisten karena selalu mengenakannya dalam berbagai kegiatan.

“Bahkan semasa menyandang status sebagai ibu negara, Tien Soeharto juga tetap konsisten menggunakan kebaya baik pada acara resmi kenegaraan dan acara lainnya,” katanya.

Koleksi kebaya mendiang Ibu Tien Soeharto bakal ditampilkan pada peringatan Hari Kebaya Nasional atau HKN 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA