Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

HNW: Segera Evakuasi WNI, Selamatkan dari Ancaman Virus Corona

Senin, 27 Januari 2020 – 23:19 WIB
HNW: Segera Evakuasi WNI, Selamatkan dari Ancaman Virus Corona - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid dalam dialog sebelum menutup event Batam Bersyiar, Selasa (5/6/2018) malam di Dataran Welcome to Batam (WTB), Kepulauan Riau. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) menyampaikan keresahannya akan nasib warga negara Indonesia (WNI) yang terisolasi, di Kota Wuhan dan kota-kota lainnya di Tiongkok. Hidayat mendesak Pemerintah Republik Indonesia untuk segera mengevakuasi WNI di Wuhan, maupun kota-kota lainnya di Tiongkok yang terkena dampak Coronavirus (2019-nCoV).

Anggota Komisi I DPR itu mengatakan bahwa permintaan mahasiswa Indonesia dari Wuhan adalah agar Pemerintah Indonesia segera evakuasi WNI, sebagaimana telah dilakukan oleh beberapa negara lain seperti Amerika Serikat, Perancis, dan Australia.

"Sebagai anggota DPR dapil luar negeri, saya dukung permintaan itu. Maka kepada Pemerintah RI agar segera evakuasi WNI dari kawasan-kawasan terdampak virus corona. Apalagi pemerintah Tiongkok sudah menerapkan Level 1 Emergency Response di Beijing dan Shanghai,” jelas HNW dalam siaran persnya, Senin (27/1).

Wakil rakyat dari dapil DKI Jakarta II (Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, dan Luar Negeri) itu engingatkan bahwa persebaran coronavirus sudah cukup mencemaskan, di mana dalam waktu relatif singkat 56 orang meninggal dunia dan 2.100 lainnya terpapar di empat benua. Penularan yang berlangsung cepat tersebut semakin meningkatkan risiko terhadap WNI di kota-kota di Tiongkok yang terdampak virus ini, terutama Wuhan yang telah diisolasi total oleh pemerintah negeri tirai bambu itu.

“Mempertimbangkan permintaan WNI seperti dilansir BBC dan media lainnya, serta juga memenuhi kewajiban negara untuk lindungi seluruh WNI, maka sudah seharusnya Pemerintah RI segera evakuasi WNI termasuk seluruh mahasiswa Indonesia di Wuhan, Beijing, Shanghai dan daerah terdampak Virus Corona lainnya di Tiongkok. Terlebih jika mengingat tingkat persebaran virus yang cukup cepat,” kata HNW.

Selain itu, HNW juga menyarankan kepada Pemerintah RI untuk sementara melarang masuknya pekerja dan wisatawan asal Tiongkok sebagaimana dikemukakan oleh Ombudsman RI.

“Sebagai negara yang harus lindungi seluruh tumpah darah Indonesia, termasuk dari wabah virus corona yang berasal dari Tiongkok, Pemerintah RI penting segera laksanakan arahan Ombudsman RI, yaitu untuk sementara melarang pekerja asal Tiongkok dan wisatawan dari Tiongkok masuk ke Indonesia,” kata Hidayat.

Wakil ketua Majelis Syura PKS itu mengimbau kepada pemerintah Tiongkok dan masyarakat internasional agar menjadikan tragedi kemanusiaan akibat penyebaran virus corona ini sebagai koreksi dan pelajaran, sebagaimana tragedi kemanusiaan terhadap Uyghur, serta agar segera ada solusi dan tak terulang kembali demi kelanjutan kemanusiaan, peningkatan perdamaian, dan peradaban umat manusia.

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) menyampaikan keresahannya akan nasib warga negara Indonesia (WNI) yang terisolasi, di Kota Wuhan dan kota-kota lainnya di Tiongkok

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close