Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hoaks COVID-19 Kian Marak, Bambang Soesatyo Beri Saran Begini

Rabu, 22 April 2020 – 22:39 WIB
Hoaks COVID-19 Kian Marak, Bambang Soesatyo Beri Saran Begini - JPNN.COM
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Berita hoaks seputar COVID-19 masih banyak beredar, terutama di media sosial. Ketua MPR Bambang Soesatyo menyatakan bahwa meluasnya hoaks itu akibat minimnya ataupun ketidakjelasan informasi dari otoritas yang memicu munculnya disinformasi.

I pemerintah (Kemenkominfo) memperkuat sinergi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Polri dan platform digital untuk terus memantau kabar bohong atau hoaks yang beredar di masyaraka," kata Bambang, Rabu (22/4).

Mantan wakil ketua DPR itu meminta pemerintah meningkatkan pengawasan dengan melakukan patroli cyber dan menerapkan pemblokiran pada setiap situs atau akun yang terbukti melakukan penyebaran hoaks.

Bamsoet juga meminta pemerintah lebih aktif memberikan informasi yang benar dan transparan, termasuk memverifikasi kabar bohong atau hoaks yang beredar di masyarakat, guna membangun kepercayaan publik.

Ia mendorong pemerintah memperbaiki pola komunikasi publik dengan lebih intensif mengedukasi masyarakat mengenai informasi seputar COVID-19. "Serta menjaga komunikasi publik yang komprehensif sehingga efektif dalam mengantisipasi hoaks yang beredar," ujarnya.

BACA JUGA: Suami Sadis Tebas Leher Istri karena Sering Bertelepon dengan Seseorang, Begini Kronologinya

Bamsoet mengimbau masyarakat agar hanya mengakses informasi perihal penanganan COVID-19 pada situs resmi milik pemerintah (www.covid19.go.id dan www.covid19.kemkes.go.id), sebagai sumber berita atau nformasi yang valid dan akurat. (boy/jpnn)

Ketua MPR Bambang Soesatyo menyatakan bahwa meluasnya hoaks itu akibat minimnya ataupun ketidakjelasan informasi dari otoritas yang memicu munculnya disinformasi.

Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close