Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hoaks Terkait Corona Merajalela, Bill Gates jadi Sasaran Utama

Senin, 20 April 2020 – 13:46 WIB
Hoaks Terkait Corona Merajalela, Bill Gates jadi Sasaran Utama - JPNN.COM
Bill Gates memperlihatkan poster berisi seruan work from home. Foto: gatesnotes.com

jpnn.com - Pendiri Microsoft Bill Gates menjadi sasaran tudingan miring. Salah satu orang terkaya di Bumi itu dikaitkan dengan pandemi virus corona (COVID-19).

Ada 1,2 juta misinformasi di televisi, Twitter, YouTube ataupun Facebook yang menyebut pemilik nama William Henry Gates III itu terkait dengan COVID-19. Menyitat data yang dikumpulkan New York Times dan Zignal Labs, teori konspirasi tentang Bill Gates terkait virus corona paling sering disebut. Jumlahnya mencapai 1,2 juta selama periode Februari hingga April 2020.

Data Zignal Labs menempatkan pemilik nama William Henry Gates III itu 33 persen lebih sering disebut ketimbang teori konspirasi soal 5G dengan COVID-19 yang ada di posisi kedua. Teori konspirasi yang mengaitkan 5G dengan pandemi global mencapai puncaknya pada April ini dengan total penyebutan 18 ribu kali per hari.

Setidaknya ada 16.000 unggahan hoaks tentang Bill Gates di Facebook selama 2020. Unggahan itu memanen hampir 900 ribu ‘like’ dan komentar.

Sementara di YouTube ada 10 video paling populer terkait misinformasi yang mengaitkan salah satu orang terkaya di Bumi itu dengan virus corona. Selama periode Maret hingga April, video-video itu sudah ditonton hampir lima juta kali.

Menurut laman The Verge, ada berbagai narasi hoaks mengenai Bill Gates. Misalnya, hoaks yang menyebut tokoh kelahiran 28 Oktober 1955 itu membuat virus corona untuk memperoleh keuntungan besar dari penjualan vaksin.

Hoaks lainnya menyebut Bill Gates bakal menerapkan sistem mata-mata global. Figur yang dikenal sebagai filantrop itu juga disebut-sebut mendorong pengurangan populasi dunia.

Di YouTube, sebuah video tentang Bill Gates berpidato pada 2015 untuk menyampaikan warning bahwa ancaman bagi umat manusia bukanlah perang nuklir melainkan penyakit infeksi tiba-tiba mengalami lonjakan views dalam beberapa pekan terakhir. Tambahan view pada video itu lebih dari 25 juta dalam waktu relatif singkat.

Pendiri Microsoft Bill Gates menjadi sasaran tudingan miring berupa hoaks dan misinformasi yang beredar di media sosial.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close