Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Honorer Dihapus November 2023, BKDSDM Gresik Bergerak Melakukan Pendataan

Sabtu, 04 Juni 2022 – 06:00 WIB
Honorer Dihapus November 2023, BKDSDM Gresik Bergerak Melakukan Pendataan - JPNN.COM
BKDSDM Gresik mulai mendata pegawai honorer yang memenuhi syarat mengikuti seleksi PPPK dan CPNS. Ilustrasi. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, GRESIK - Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan SDM (BKDSDM) Gresik mulai mendata pegawai honorer yang bekerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik.

Pendataan dilakukan dengan melihat beberapa kategori pegawai yang memenuhi syarat mengikuti seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) dan calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Hal ini dilakukan setelah Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menerbitkan regulasi tentang penghapusan honorer per per 28 November 2023.

Kepala BKPSDM Gresik Khusaini mengatakan pihaknya akan mengupayakan sisa tenaga honorer itu bisa selesai di 2023, sehingga bisa meminimalkan tenaga honorer yang diberhentikan.

"Semoga bisa masuk semua. Nanti kami ajukan secara bertahap. Intinya diupayakan masuk PPPK atau CPNS semua," kata Khusaini, Jumat (3/6).

Meski PP Nomor 49 Tahun 2018 telah melarang penambahan honorer, menurut Khusaini, masih ada honorer baru yang masuk sehingga sangat berpengaruh pada beban APBD Gresik setiap tahunnya.

"Pada APBD 2021, misalnya, dari total belanja daerah Rp 3,4 triliun, belanja pegawai mendapat porsi hampir 50 persen, sedangkan bidang pendidikan mendapatkan anggaran Rp 881,27 miliar atau 25,67 persen," sebutnya.

Pada 2022, kata dia, porsi untuk belanja pegawai sebesar Rp 1,07 triliun dari APBD Rp 3,4 triliun.

Honorer dihapus, BKDSDM Gresik mulai mendata pegawai honorer yang memenuhi syarat mengikuti seleksi PPPK dan CPNS

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close