Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Honorer K2 Usia 50 Tahun Diangkat PNS, Ini Persyaratannya 

Rabu, 29 Juni 2022 – 08:56 WIB
Honorer K2 Usia 50 Tahun Diangkat PNS, Ini Persyaratannya  - JPNN.COM
Plt Kepala BKN Bima Haria Wibisana saat memberikan info soal tes PPPK. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah dan Komisi II RI bersepakat untuk mengangkat honorer K2 usia 50 tahun menjadi PNS. Pengangkatan ini dikhususkan bagi honorer K2 di Papua yang sudah masuk dalam database Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Karena jumlah honorer K2 di Papua tidak banyak, maka mereka bisa terangkut semua menjadi PNS di provinsi baru pemekaran Papua," kata Pelaksana tugas (Plt ) Kepala BKN Bima Haria Wibisana dalam rapat kerja Komisi II DPR RI, Selasa (28/6).

Usulan Bima tersebut disambut gembira Komisi II DPR. Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia menyatakan semangat dalam draf RUU pembentukan Provinsi Papua Selatan, RUU pembentukan Provinsi Papua Tengah, dan RUU pembentukan Provinsi Papua Pegunungan adalah mengakomodasi orang asli Papua (OAP) menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN), baik PNS maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Khusus honorer K2, lanjutnya, apakah hanya orang Papua atau non-OAP bisa diangkat semua menjadi PNS atau tidak, diserahkan teknisnya kepada BKN.

Bima mengungkapkan honorer K2 di Papua terdiri atas OAP dan non -OAP. Namun, karena jumlah honorer K2 di Papua tidak banyak, maka akan diangkat seluruhnya.

Dalam raker tersebut disepakati penambahan pasal dalam RUU pembentukan provinsi baru pemekaran Papua, yaitu:

1. Ketentuan mengenai penataan ASN di tiga provinsi baru hasil pemekaran Provinsi Papua diatur dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPAN-RB) dengan ketentuan khusus sebagai bentuk afirmasi.

2. Untuk pertama kalinya pengisian ASN di provinsi baru pemekaran Papua  bisa dilakukan dengan penerimaan:

Pemerintah dan DPR bersepakat mengangkat honorer K2 usia 50 tahun menjadi PNS, apa saja persyaratannya?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close