Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hooligans

Oleh: Dhimam Abror Djuraid

Jumat, 09 Juli 2021 – 18:52 WIB
Hooligans - JPNN.COM
Fan Italia bersukacita saat laga semifinal EURO 2020. Foto: Carl Recine/Reuters

jpnn.com - Pemain ke-12 adalah sebutan untuk suporter sepak bola. Di setiap pertandingan penting, pemain ke-12 ini bisa menjadi faktor penentu.

Dalam pertandingan final Euro 2020 antara Italia melawan Inggris, Senin (12/7) dini hari WIB, bukan hanya sebelas pemain yang bertempur, tetapi pemain ke-12 juga akan ikut memainkan peran penting.

Inggris dan Italia punya sejarah sepak bola yang panjang. Dua negara itu sangat bangga dengan sejarah mereka.

Demikian pula para suporter di kedua negara. Mereka punya sejarah panjang dan bangga dengan kontribusinya mereka terhadap perkembangan sepak bola di negaranya.

Tentu, suporter tidak selalu membawa cerita sukses. Mereka bisa menjadi sumber motivasi, tetapi bisa juga menjadi sumber bencana.

Inggris punya sejarah buruk dengan suporter Hooligans, demikian halnya Italia yang punya memori kelam dengan Tifosi Ultras.

Baca Juga:

Hooligan dan Tifosi Ultras adalah kumpulan suporter fanatik yang lebih mirip sebagai kelompok kriminal terorganisasi (organized crime), daripada kelompok pendukung sepak bola.

Membuat onar, berkelahi, merusak fasilitas umum, termasuk melakukan pembunuhan adalah hal-hal yang biasa dilakukan kelompok suporter garis keras itu.

Inggris punya sejarah buruk dengan suporter Hooligans, demikian halnya Italia yang punya memori kelam dengan Tifosi Ultras.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close