Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Huawei Diblokir, Tiongkok Bully Selandia Baru

Senin, 18 Februari 2019 – 06:45 WIB
Huawei Diblokir, Tiongkok Bully Selandia Baru - JPNN.COM
Suasana Kongres ke-19 Partai Komunis Tiongkok. Foto: AP

jpnn.com, WELLINGTON - Pemerintah Tiongkok menyokong penuh raksasa teknologi Huawei yang kini dikucilkan sejumlah negara. Beijing melakukan aksi balasan kepada negara yang menyerang perusahaan yang kerap dituduh melakukan aksi spionase tersebut.

South China Morning Post melaporkan, Tiongkok menyiapkan balasan kepada Selandia Baru. Negeri Kiwi itu termasuk yang memblokir Huawei.

BACA JUGA: Huawei Diserang, Tiongkok Meradang

Beijing telah berancang-ancang menunda kerja sama pariwisata dengan Selandia Baru. Padahal, Asosiasi Pariwisata Selandia Baru-Tiongkok sudah menyiapkan berbagai fasilitas untuk menarik turis dari negeri dengan kue ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut. Misalnya, pemasangan layanan pembayaran asal Tiongkok, Alipay dan WePay.

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern membenarkan bahwa hubungan kedua negara memang sedang rumit. Namun, dia menyangkal kabar bahwa hubungan bilateral sudah rusak. ''Saya sudah mendapatkan undangan ke Tiongkok. Dan undangan itu tak berubah,'' ujarnya.

Seharusnya, perdana menteri termuda sepanjang sejarah Selandia Baru tersebut berkunjung akhir tahun lalu. Namun, sampai saat ini, belum ada tanggal pasti kapan Ardern bakal disambut Perdana Menteri Xi Jinping. Malah, pemerintah Selandia Baru dikejutkan insiden penolakan pesawat Air New Zealand rute Auckland-Shanghai.

Tahun lalu Huawei menjadi pabrikan ponsel terbesar ketiga di dunia. Perusahaan teknologi asal Tiongkok itu sempat berada di posisi kedua, satu strip di bawah Samsung. Kini Huawei benar-benar menjadi ancaman bagi Apple yang di pengujung tahun lalu akhirnya kembali merebut posisi kedua.

BACA JUGA: Turki Kecam Kamp Uighur, Tiongkok Sindir Erdogan

Tiongkok tidak terima Selandia Baru memblokir produk Huawei. Beijing pun langsung menekan negara tetangga Australia itu

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close