Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

IDI Dorong Tenaga Kesehatan untuk Percepat Penanganan Kasus Covid-19

Kamis, 27 Mei 2021 – 14:43 WIB
IDI Dorong Tenaga Kesehatan untuk Percepat Penanganan Kasus Covid-19 - JPNN.COM
Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M Faqih. Foto: Elfany Kurniawan/ JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M Faqih meminta para tenaga kesehatan untuk cepat tanggap dalam menangani kasus Covid-19.

Sebab, peran tenaga kesehatan dianggap krusial dalam menghadapi lonjakan kasus Covid-19 yang diperkirakan akan terjadi pada pertengahan Juni 2021.

"Kami hanya bisa mewanti-wanti dokter, apabila sudah ada gejala, sebaiknya tangani dengan cepat," kata Daeng dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi IX DPR RI dan Kementerian Kesehatan, Kamis (27/5).

Menurut Daeng, pihaknya telah berdiskusi dengan para pakar bahwa intervensi awal akan lebih baik untuk mengendalikan angka kematian.

Angka kematian, lanjut Daeng, terjadi akibat kasus Covid-19 yang terlambat ditangani. Sebab, banyak terjadi kasus di mana orang yang kena virus corona tidak bergejala.

"Kalau sudah ada tanda Ground Glass Opacities (GGO) atau peningkatan pelemahan dalam paru, meski tidak ada sesak, tetapi dalam kasus ini mendadak sesak dan berat," papar Daeng.

Dia mengatakan jika sudah ada GGO tanpa ada sesak, para pakar menyarankan orang yang tertular untuk dirawat dan jangan isolasi mandiri. (mcr9/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

Ketua Umum PB IDI Daeng M Faqih mewanti-wanti tenaga kesehatan untuk cepat tanggap dalam menangani kasus Covid-19.

Redaktur & Reporter : Dea Hardianingsih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close