Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Begini Penjelasan Wamenkes Soal Perkembangan Mutasi Virus Covid-19 di Indonesia

Kamis, 27 Mei 2021 – 13:40 WIB
Begini Penjelasan Wamenkes Soal Perkembangan Mutasi Virus Covid-19 di Indonesia - JPNN.COM
Waspada varian baru corona. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono membahas perkembangan mutasi virus Covid-19 dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI.

Varian-varian virus Covid 19 baru dinilai cerdas secara biologi untuk dapat membuat perubahan-perubahan dan melakukan mutasi supaya bisa tetap hidup.

"Sudah terjadi mutasi lokal di Indonesia yang berbeda dengan varian mutasi secara genomik di Wuhan," kata Dante dalam paparannya, Kamis (27/5).

Dia juga mengungkapkan Kementerian Kesehatan telah mendeteksi variant of concern di Indonesia yang terdiri dari kasus mutasi Inggris, India, dan Afrika Selatan.

Pemerintah, lanjut Dante, melakukan pemeriksaan mutasi virus terhadap 1.744 sampel di seluruh Indonesia yang terdiri dari 5-10 sampel per pekan dari setiap daerah.

"Ada 54 kasus mutasi. Kasus mutasi yang terjadi tersebut kemudian dibedakan antara kasus mutasi yang sumbernya berasal dari luar dan tidak ada kontak dengan sumber luar," papar pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu.

Kemudian dokter berusia 48 tahun itu menjelaskan 35 dari kasus tersebut merupakan variant of concern yang berasal dari migrasi luar Indonesia, sedangkan 19 kasus lainnya adalah transmisi lokal.

"Jadi, mutasinya sudah terjadi di beberapa tempat di Indonesia, di beberapa provinsi di Indonesia baik transmisi lokal maupun transmisi impor," tutur Dante.(mcr9/jpnn)

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono membahas perkembangan mutasi virus Covid 19 dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close