Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

IDSTB-BSN Bersinergi Memfasilitasi Serfifikasi Software Tester

Rabu, 14 Agustus 2024 – 13:59 WIB
IDSTB-BSN Bersinergi Memfasilitasi Serfifikasi Software Tester - JPNN.COM
Badan Standardisasi Nasional (BSN) bekerja sama dengan Indonesia Software Testing Board (IDSTB) dalam memfasilitasi sertifikasi bagi para pelaku software tester di Indonesia. Foto: dok sumber

jpnn.com, JAKARTA - Badan Standardisasi Nasional (BSN) bekerja sama dengan Indonesia Software Testing Board (IDSTB) dalam memfasilitasi sertifikasi bagi para pelaku software tester di Indonesia.

Kerja sama kedua belah pihak ini ditandai dengan pendatanganan nota kesepahaman di acara Festival Infrastruktur Mutu Nasional di Assembly Hall Jakarta Convention Center (JCC) pada 12-13 Agustus 2024.

Sekretaris Utama BSN, Donny Purnomo menyambut baik kerja sama dengan IDSTB ini. Kehadiran IDSTB akan membantu pemerintah dalam mengembangkan aplikasi berkualitas dari sisi performance dan security.

"Saya seperti menemukan tim yang selama ini saya cari. Mereka (IDSTB, red) ada lab yang terakreditasi untuk pengujian perangkat lunak (software testing). Momennya pas, kita juga sedang mengembangkan aplikasi," kata Donny di Festival Infrastruktur Mutu Nasional, Selasa (13/8).

Menurut Donny, infrastruktur mutu di lingkup digitalisasi sangat penting. Artinya sebelum aplikasi akan diintegrasikan dengan sistem pemerintah harus diuji secara detail dari sisi performance hingga security-nya.

"Tahap pertama, kita perlu fasilitasi para pelaku sofware tester dengan sertifikasi agar mereka bisa mendapat leveling yang sama," tuturnya.

Donny berharap, dari kerja sama bersama IDSTB, ke depan akan ada testing laboratory untuk software dan aplication testing dengan lingkup yang semakin luas.

"Harapan saya yang pertama ada sertifikasi untuk personelnya. Suatu saat mungkin ada sertifikasi untuk aplikasinya juga," tambahnya.

Badan Standardisasi Nasional (BSN) bekerja sama dengan Indonesia Software Testing Board (IDSTB) dalam memfasilitasi sertifikasi bagi para pelaku software tester

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA