Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

IKANU Mesir Ajak Seluruh Komponen Bangsa Bersama Hadapi Corona

Selasa, 10 Maret 2020 – 20:33 WIB
IKANU Mesir Ajak Seluruh Komponen Bangsa Bersama Hadapi Corona - JPNN.COM
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Prof KH Said Aqil Siroj saat hadir memberikan ceramah kunci dalam pembukaan Rakernas IKANU Mesir di Cirebon, Sabtu (7/3). Foto: Humas PBNU

jpnn.com, JAKARTA - Ikatan Keluarga Nahdlatul Ulama (IKANU) di Cirebon, Sabtu-Minggu (7-8 Maret), menghasilkan rekomendasi internal dan eksternal.

Rekomendasi eksternal Rakernas IKANU, antara lain menyoroti Indonesia positif covid-19 (corona). Dalam situasi seperti ini, Rakernas IKANU berpandangan Pemerintah memiliki peran sangat vital dalam menenangkan masyarakat.

Upaya itu harus dilakukan dengan cara-cara yang terbuka dan transparan terkait informasi tentang kasus dan penanganan virus tersebut. Selain itu, pemerintah perlu memastikan kesiapan fasilitas kesehatan dan penangan terbaik didapatkan oleh masyarakat yang tertular virus tersebut.

Seluruh komponen bangsa perlu bersatu dan bersama-sama melawan penyebaran virus jahat tersebut, dan pemerintah/negara harus berada di garda paling depan dalam penanganan terbaik kasus tersebut.

Rekomendasi eksternal kedua, kebinekaan Indonesia adalah karunia Tuhan yang harus dijaga dengan baik. Sebab itu, praktik diskriminasi dan intoleransi tidak dapat dibiarkan terus berlangsung di negeri ini.

Peran pemerintah sangat vital untuk mengatasi dan menindak secara lebih tegas, berkesinambungan, dan adil sesuai koridor hukum terhadap perilaku-perilaku intoleran yang terjadi di tengah masyarakat.     

Ketiga, terkait ekonomi. Rakernas menyoroti fakta bahwa Indonesia negara kaya, namun tidak demikian dengan mayoritas penduduknya. Ketimpangan ekonomi terpampang nyata. Oligarki menyebabkan ketimpangan semakin menjadi. Akses ke sumber-sumber ekonomi oleh rakyat kecil seperti terkunci. Terjadi semacam gejala intoleransi ekonomi.

Adalah tugas Pemerintah untuk mempersempit, bahkan menutup ketimpangan tersebut dengan bersikap adil, memukul mundur oligarki, dan mengembangkan sistem ekonomi kerakyatan yang berorietasi dan berpihak kepada kesejahteraan masyarakat kecil dan rakyat secara umum.

Rekomendasi eksternal Rakernas IKANU, antara lain menyoroti Indonesia positif covid-19 (corona).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close