Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ilmuwan Amerika Sebut Kultur Masyarakat Tiongkok Faktor Krusial dalam Penanganan COVID-19

Minggu, 11 Oktober 2020 – 20:18 WIB
Ilmuwan Amerika Sebut Kultur Masyarakat Tiongkok Faktor Krusial dalam Penanganan COVID-19 - JPNN.COM
Pria berusia 67 tahun dan istrinya yang sebelumnya dinyatakan terinfeksi virus corona meninggalkan rumah sakit di Wuhan, Tiongkok, Jumat (1/2/2020). Foto: ANTARA/HO-ChinaDaily/mii

jpnn.com, MINNESOTA - Ilmuwan Amerika Serikat menilai Tiongkok telah berhasil mengendalikan pandemi COVID-19 berkat respons yang cepat dan kultur negara tersebut. Sistem respons epidemi yang terpusat menjadi faktor utama bagi Tiongkok untuk menangani penyakit tersebut.

"Kecepatan respons Tiongkok adalah faktor krusial," kata Gregory Poland, Direktur Grup Riset Vaksin Mayo Clinic di Rochester, Negara Bagian Minnesota, Amerika Serikat (AS).

"Mereka bergerak sangat cepat untuk menghentikan penularan. Negara-negara lain, meskipun punya waktu lebih lama untuk mempersiapkan diri menghadapi kedatangan virus tersebut, menunda respons mereka dan itu berarti kehilangan kendali," tutur Poland.

Mulai dari karantina wilayah (lockdown) ketat dan pembatasan luar ruangan hingga tes berskala besar di kota-kota besar di seluruh negeri, artikel itu menganalisis langkah-langkah Tiongkok untuk melawan COVID-19.

"Tiongkok telah berhasil melakukan uji SARS-CoV-2 terhadap 9 juta orang di Wuhan" dalam hitungan pekan, katanya, seraya menambahkan, "Itu membentuk sistem pelacakan kontak nasional yang efektif."

Faktor-faktor yang mendorong keefektifan respons Tiongkok, termasuk di antaranya kemampuan memproduksi alat pelindung diri (APD), pembangunan jaringan rumah sakit Fangcang yang efektif, tindakan kesehatan masyarakat, terutama penggunaan masker, koordinasi antara sektor-sektor pemerintahan, dan kepatuhan warga terhadap peraturan.

"Komitmen untuk kebaikan bersama tertanam dalam kulturnya," kata Poland, seraya menambahkan bahwa warga Tiongkok menerima pandangan bahwa pengendalian penyakit merupakan masalah ilmu pengetahuan.

Respons Tiongkok terhadap pandemi COVID-19 dapat digeneralisasikan, kata artikel tersebut.

Ilmuwan Amerika Serikat menilai Tiongkok telah berhasil mengendalikan pandemi COVID-19 berkat respons yang cepat dan kultur negara tersebut

Sumber Xinhua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Dahlan Iskan

    Visa Diaspora

    Senin, 06 Mei 2024 – 07:07 WIB
    Visa Diaspora - JPNN.com
  • Global

    Korut: Amerika dan Pengikutnya Akan Mengalami Kekalahan Menyedihkan

    Minggu, 05 Mei 2024 – 16:27 WIB
    Korut: Amerika dan Pengikutnya Akan Mengalami Kekalahan Menyedihkan - JPNN.com
  • Komunikasi

    Setelah TikTok, Amerika Serikat Bersiap Cekal DJI

    Senin, 29 April 2024 – 15:48 WIB
    Setelah TikTok, Amerika Serikat Bersiap Cekal DJI - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Masa Depan

    Minggu, 28 April 2024 – 08:53 WIB
    Masa Depan - JPNN.com
X Close