Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ilmuwan Temukan Laba-Laba Vegetarian

Rabu, 14 Oktober 2009 – 10:27 WIB
Ilmuwan Temukan Laba-Laba Vegetarian - JPNN.COM
Foto : National Pictures
LONDON - Vegetarian, hanya mengonsumsi sayuran, ternyata tidak hanya menjadi dominasi manusia. Hewan pun, selain yang termasuk herbivora, juga ada yang menganut gaya hidup antidaging itu. Salah satunya, laba-laba jenis Bagheera kiplingi yang bisa dijumpai di kawasan Amerika Selatan ini.

Laba-laba yang memiliki sekitar 40.000 spesies tersebut sama sekali tidak mengonsumsi daging atau memangsa laba-laba lain. Karena itu, mereka tidak perlu memintal sarang untuk menjebak mangsa. Makanan utama laba-laba yang ukurannya hanya sebesar kuku ibu jari itu adalah pucuk daun akasia liar.

"Ini laba-laba pertama yang hanya memburu tanaman sebagai makanan," terang Christopher Meehan.

Seperti dikutip The Times, ilmuwan dari Villanova University di Pennsylvania tersebut mengaku baru mengenal laba-laba vegetarian itu saat melakukan perjalanan ke Meksiko. "Karena makanannya yang berbeda dengan laba-laba lain, gaya hidup B kiplingi pun khas. Mereka tidak memintal sarang, tapi membangun rumah," paparnya. Rumah tersebut, lanjut Meehan, dihuni induk laba-laba dan anak-anaknya.

Meski tinggal di hutan akasia, B kiplingi tidak mendapatkan makanan utamanya lewat jalur normal. Serangga berkaki delapan itu harus mencuri pucuk-pucuk daun akasia dari semut. Sebab, koloni semutlah yang biasanya menjaga pohon akasia. "Yang paling mencengangkan dari riset tersebut adalah fakta bahwa laba-laba mampu mengonsumsi makanan padat saja," ujar Meehan.

LONDON - Vegetarian, hanya mengonsumsi sayuran, ternyata tidak hanya menjadi dominasi manusia. Hewan pun, selain yang termasuk herbivora, juga ada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close