Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Impor Beras Ketan Bakal Melukai Semangat Petani

Rabu, 20 November 2019 – 23:42 WIB
Impor Beras Ketan Bakal Melukai Semangat Petani - JPNN.COM
Petani gagal panen. Foto : Pojokpitu

jpnn.com, JAKARTA - Wacana impor beras ketan yang ingin dilakukan oleh Perum Bulog bakal menjatuhkan semangat petani. Oleh karena itu, impor tersebut baiknya dibatalkan karena implikasinya bertolak belakang juga dengan misi Presiden Jokowi.

Ketua Asosiasi Lumbung Pangan Jawa Timur Suharno menilai rencana impor beras ketan itu tidak masuk akal. Pasalnya, sebelum ada impor beras ketan, saat ini beras dan gabah di penggilingan padi menumpuk dan tidak bisa dijual.

“Kalau impor jadi, ini akan menyebabkan gairah untuk bertani menjadi loyo, petani tidak akan semangat. Sedangkan impor yang lama saja masih mempengaruhi distribusi beras saat ini,” kata Suharno saat dihubungi, Rabu (20/11).

Pemerintah, kata dia, seharusnya menjaga stabilitas harga dan produktivitas, bukan impor. Jika dilakukan impor beras ketan, maka dia menilai pemerintah tidak memikirkan produk petani sendiri.

“Harusnya petani ditingkatkan lagi untuk bertanam (beras ketan) daripada impor. Konsep itu yang harus diwujudkan untuk swasembada pangan,” kata Suharno.

Dia mengharapkan ada peningkatan hasil panen dan percepatan tanam pascakemarau panjang ini, baik beras biasa maupun beras ketan. “Sehingga panen bisa terjadi tiga kali dalam satu tahun,” tuturnya.

Sementara itu, pengamat ekonomi dari Indef Berly Martawerdaya mengatakan, biasanya masa panen padi terjadi pada Januari. Untuk meyakinkan adanya urgensi impor, harus ada data produksi dari Badan Pusat Statistik (BPS). Adanya impor bisa dipastikan akan menafikan produksi petani di Tanah Air.

“Kalau memang stok beras ketan tersedia sampai ke panen berikutnya, ya, tidak perlu impor. Apalagi sekitar tiga bulan lagi mau panen, tinggal lihat data BPS apakah sudah tahap membutuhkan atau tidak,” jelasnya.

Wacana impor beras ketan yang ingin dilakukan oleh Perum Bulog bakal menjatuhkan semangat petani. Oleh karena itu, impor tersebut baiknya dibatalkan karena implikasinya bertolak belakang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close