Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Indikasi NasDem Serius Mempersiapkan Anies Baswedan Maju di Pilpres 2024

Selasa, 05 November 2019 – 08:12 WIB
Indikasi NasDem Serius Mempersiapkan Anies Baswedan Maju di Pilpres 2024 - JPNN.COM
Gubernur DKI Anies Baswedan di Balai Kota Jakarta. Foto: Fathan Sinaga/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago memandang pendekatan Partai NasDem kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai Pilpres 2019, sebagai upaya membangun chemistry agar bisa bersama-sama membangun kekuatan menuju Pilpres 2024.

Hal ini disampaikan Pangi merespons langkah DPP Partai Nasdem memberikan panggung kepada Anies dalam Kongres II partai pimpinan Surya Paloh, di JI Expo Kemayoran, 8-11 November mendatang.

Pangi mengatakan, diundangnya Anies ke acara Kongres Nasdem merupakan bagian dari fase politik atau rangkaian agenda politik yang harus dilewati. Di sisi lain, publik bisa saja membaca hal itu sebagai pertanda keseriusan Nasdem mempersiapkan Anies sebagai capres 2024.

"Semua tentu ada rangkaiannya, ada fase politik yang harus dilewati, termasuk penjajakan chemistry politik dan menghubungkan nuansa kebatinan Anies dengan Nasdem," ucap Pangi.

Elite Nasdem menurutnya bisa saja berdalih mengundang Anies ke forum partainya dalam kapasitas kepala daerah, bukan bagian dari penjajakan menuju Pilpres 2014. Namun, Pangi melihat hal itu hanya sebagai gimmick.

"Nasdem bisa saja bermain dengan bahasa bersayap, dalam politik kan jarang kalau ngomong terbuka dan blak-blakan, Nasdem tentu saja akan menjawab dengan jawaban yang lebih kompromis," tambah direktur eksekutif Voxpol Center Research and Consulting ini.

Sebelumnya Sekretaris Fraksi Nasdem DPR, Saan Mustofa mengatakan diundangnya Anies ke Kongres II partainya, karena mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu adalah gubernur sekaligus tuan rumah, mengingat forum musyawarah partainya diadakan di DKI Jakarta. (fat/jpnn)

 

Menurut Pangi Syarwi Chaniago, publik bisa saja membaca adanya keseriusan Nasdem mempersiapkan Anies Baswedan sebagai capres 2024.

Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close