Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Indikator Pesawat Menyala Saat Boarding Selesai, Batik Air Delay Sehari

Sabtu, 06 Februari 2021 – 13:59 WIB
Indikator Pesawat Menyala Saat Boarding Selesai, Batik Air Delay Sehari - JPNN.COM
Ilustrasi Batik Air. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Penerbangan Batik Air ID-6833, Kamis (4/2), dari Bandar Udara Internasional Sisingamangaraja XII, Silangit, di Siborongborong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara (DTB) tujuan Jakarta ditunda sampai satu hari hingga Jumat (5/2).

Setelah boarding selesai, ada  indikator menyala pada pesawat yang menunjukkan harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Corporate Communication Strategic of Batik Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan penerbangan ID-6833 yang mengalami penundaan keberangkatan telah dijalankan sesuai standar operasional prosedur (SOP) dan sebagaimana pedoman protokol kesehatan.
 
Batik Air penerbangan ID-6833 dipersiapkan secara baik. Pesawat yang akan dioperasikan Boeing 737-800NG registrasi PK-LDI sudah menjalani pemeriksaan sebelum keberangkatan (pre-flight check) dan dinyatakan laik terbang (airworthy for flight).

Dalam penerbangan ini, Batik Air akan membawa enam awak pesawat, 91 tamu dewasa dan tujuh anak-anak serta tiga balita.

Jadwal keberangkatan pukul 12.10 WIB dan diperkirakan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pukul 14.20 WIB.
 
"Setelah proses semua tamu masuk ke pesawat udara (boarding) selesai, ada indikator menyala pada pesawat yang menunjukkan pengecekan lebih lanjut," kata Danang dalam keterangan resminya, Jumat (5/2).

Karena itu, Danang menambahkan, pilot dan teknisi memeriksa kembali dan koordinasi kurang lebih 30 menit.

"Untuk alasan keselamatan dan keamanan penerbangan, seluruh tamu dikembalikan ke ruang tunggu terminal bandar udara," ungkapnya.
 
Danang menyatakan bahwa Batik Air memberikan informasi kepada seluruh tamu bahwa penerbangan ID-6833 pada, Kamis (4/ 2), mengalami penundaan keberangkatan dan akan dipindahkan Jumat (5/ 2).

"Dikarenakan pesawat harus menjalani pengecekan lebih lanjut (technical) sehingga membutuhkan waktu pengerjaan signifikan," katanya.
 
Batik Air menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang timbul sehingga penerbangan para tamu ID-6833 terganggu.
 
Batik Air telah memberikan layanan kompensasi penundaan keberangkatan (delay management) berdasarkan ketentuan yang berlaku, seperti kategori makanan ringan (snack), makanan berat (heavy meals), akomodasi (penginapan) serta pengalihan penerbangan dengan maskapai lain.

Penjelasan manajemen soal Batik Air ID-6833 yang delay sehari. Ada penumpang pindah maskapai, hingga mengembalikan tiket.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close