Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Indonesia Siaga Bencana Sampai Awal 2017

Selasa, 11 Oktober 2016 – 10:59 WIB
Indonesia Siaga Bencana Sampai Awal 2017 - JPNN.COM
Banjir. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Pemerintah dan warga dituntut ekstrawaspada pada musim belakangan ini. Musim hujan baru permulaan. Namun, bencana sudah terjadi di banyak daerah.

Semua harus waspada untuk mencegah adanya korban jiwa dan material akibat bencana yang dipicu curah hujan tinggi.

La Nina di satu sisi telah membuat masa tanam petani lebih panjang pada triwulan kedua 2016. Namun, saat ini, memasuki musim hujan, cuaca menjadi lebih ekstrem.

Hujan yang turun terus-menerus dalam beberapa hari terakhir sudah menimbulkan banjir dan longsor Seorang dilaporkan meninggal di Jawa Barat, sedangkan ratusan lainnya harus mengungsi.

Di Sidoarjo dan Tuban, Jawa Timur, banjir merendam rumah warga hingga kantor pemerintahan. Tidak dilaporkan adanya korban jiwa. Namun, banjir mengganggu aktivitas warga. Apabila tidak ada penangan­an dengan baik, penyakit terkait banjir terancam mewabah.

Di Kota Banjar dan Pangandaran, Jawa Barat, efek hujan lebih parah. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengungkapkan, telah terjadi banjir dan longsor di sana dalam dua hari terakhir.

Di Banjar, misalnya, empat desa terendam sampai nyaris 1 meter. Antara lain 25 rumah di Desa Mulyasari, Kecamatan Pataruman; 45 rumah di Kelurahan Pataruman, Kecamatan Pataruman; dan 55 rumah di Desa Raharja, Kecamatan Purwaharja.

"Untuk jumlah rumah yang terendam di Desa Belokang dan Desa Jajawar, Kecamatan Banjar, masih didata," kata Sutopo kepada Jawa Pos.

Selain banjir, hujan mengakibatkan longsor di empat desa di Banjar. Akibatnya, sebelas rumah rusak. Jalan protokol nasional juga terputus.

"Sabtu pukul 17.30 WIB, jalan nasional di Kampung Waung Batok tertimbun, tapi sudah berhasil dibersihkan. Tapi, pukul 22.00, jalan nasional yang di Blok Ketapang, menghubungkan Jawa Barat dan Jawa Tengah, justru ambles karena longsor," imbuhnya.

Bagian jalan yang rusak diakui sepanjang 15 meter dan selebar 16 meter. Akibatnya, dua unit rumah terancam tertimbun dan lima jiwa harus mengungsi.

"Dari pengamatan kami, hujan deras dan tersumbatnya aliran sungai oleh sampah mengikis fondasi jalan," ucapnya.

Bencana di Kabupaten Pangandaran tidak kalah parah. Di sana banjir bandang dan tanah longsor kemarin sekitar pukul 19.00 menerjang sepuluh kecamatan. Bahkan, di Kecamatan Pangandaran, 595 jiwa harus mengungsi.

Luapan arus Sungai Ciputrapinggan di Kecamatan Kalupucang juga membuat Jembatan Ciputrapinggan ambles. Padahal, jembatan itulah yang menghubungkan Desa Putrapinggan dengan Desa Babakan. "Akibat kejadian tersebut, jalur utama lalu lintas dari arah Banjar-Pangandaran tidak bisa dilalui. Lalu lintas macet total," terang Sutopo.

Korban meninggal ditemukan di Desa Ciparakan karena ada rumah yang terkena material longsor. Satu orang meninggal adalah Iqbal, 7, yang tinggal di rumah tersebut. Sementara itu, di Kecamatan Langkaplancar, terdapat satu lagi korban meninggal, yakni Barjo, 53, yang tinggal di Dusun Ciranto, Desa Jadimulya.

"Di kebanyakan kecamatan, ada ratusan rumah yang terendam. Misalnya Kecamatan Padaherang dengan 253 rumah terendam. Lalu Kecamatan Cijulang dengan 314 keluarga yang terdampak. Bahkan, di Kecamatan Mangunjaya terdapat 997 keluarga yang terdampak," paparnya.

Terkait penanggulangan, Sutopo menyatakan bahwa pihak badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk memulai penanganan darurat dan memperbaiki jalan-jalan yang terdampak.

Di sisi lain, pihaknya juga terus bersiaga untuk mengantisipasi bencana-bencana banjir tiga bulan ke depan. Pasalnya, bencana-bencana yang sudah terjadi tahun ini dinilai hanya sebagai permulaan.

Menurut Sutopo, curah hujan bakal terus meninggi hingga puncaknya Januari nanti. "Kalau dari kami pasti siapkan semua tenaga untuk merespons bencana-bencana yang ada. Sehingga korban-korban fatal bisa terminimalkan," ungkapnya.

Hal tersebut diakui perlu benar-benar diwaspadai masyarakat maupun pemerintah daerah. Sebab, pihaknya mencatat, terdapat 40,9 juta jiwa yang tinggal di daerah rawan longsor dan banjir bandang.

JAKARTA - Pemerintah dan warga dituntut ekstrawaspada pada musim belakangan ini. Musim hujan baru permulaan. Namun, bencana sudah terjadi di banyak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close