Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Indra Charismiadji: Pendidikan Indonesia Gagap Terapkan Belajar Daring

Rabu, 01 April 2020 – 16:39 WIB
Indra Charismiadji: Pendidikan Indonesia Gagap Terapkan Belajar Daring - JPNN.COM
Pengamat dan Praktisi Pendidikan Indra Charismiadji. Foto: Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat dan Praktisi Pendidikan Abad 21 Indra Charismiadji menilai ada salah tafsir dari para guru saat melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM) di rumah secara daring.

Banyak di antaranya yang berpikir belajar daring adalah online nonstop atau full live streaming. Semisal, siswa belajar dari pukul 07.10-14.50, maka online selama jam itu.

"Itu salah. Belajar daring itu bukan online dari pagi sampai sore. Bukan belajar daring itu, tetapi habis-habisin kuota," kata Indra dalam video conference, Rabu (1/4)

Direktur Eksekutif Center for Education Regulations and Development Analysis (CERDAS) ini mengungkapkan, selama dua minggu ini menyaksikan kegagapan dunia pendidikan Indonesia dalam menjalankan pembelajaran metoda daring.

Jika dibiarkan terus menerus generasi masa depan bangsa yang akan menjadi korbannya. Karena tidak ada yang bisa memprediksi kapan situasi normal kembali.

"Terbukti jelas para pendidik Indonesia belum siap untuk membimbing peserta didik menghadapi tantangan Revolusi Industri 4.0 yang serba digital ini. Untuk itu saya mengambil inisiatif dengan membawa program blended learning (integrasi antara daring dan luring) terbaik dunia untuk diimplementasikan di Indonesia," tuturnya.

Program yang merupakan kolaborasi dengan Arizona State University Prep Digital, Amerika Serikat ini lanjut Indra, gurunya bukan hanya beda tempat mengajar. Ini bahkan beda benua dan beda zona waktu tetapi mutu pendidikan tetap dijaga bahkan meningkat.

Indra menambahkan, konsep pembelajaran abad 21 bukan lagi guru ceramah menggunakan aplikasi konferensi video. Bukan menggunakan materi-materi animasi atau video seperti yang saat ini gencar dipromosikan sebagai bimbel online.

Indra Charismiadji menilai, terjadi kegagapan dunia pendidikan Indonesia dalam menjalankan metode belajar daring.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close