Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Industri Siber Bisa Membantu Lompatan Ekonomi Besar Seperti Ajakan Jokowi

Senin, 17 Agustus 2020 – 20:30 WIB
Industri Siber Bisa Membantu Lompatan Ekonomi Besar Seperti Ajakan Jokowi - JPNN.COM
Keamanan siber. ilustrasi Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Praktisi keamanan siber Pratama Persadha menjelaskan bahwa salah satu sektor yang bisa membantu lompatan besar ekonomi adalah dari industri siber tanah air. Mengacu pada data riset Google di 2019, potensi ekonomi digital Indonesia diperkirakan mencapai USD 133 miliar atau lebih dari Rp 1832 triliun.

"Ini sebuah angka yang sangat besar. Prediksi Google ini keluar sebelum ada krisis Covid-19. Memang pastinya ada banyak penyesuaian. Namun satu hal penting yang kita lihat, krisis ini mendorong proses digitalisasi berjalan dengan sangat cepat dan artinya konsumsi lewat layanan digital juga naik,” kata Pratama, Senin (17/8).

Hal ini diungkap Pratama merespons pidato kenegeraan Presiden Joko Widodo di Sidang Tahunan MPR Jumat 14 Agustus 2020 lalu. Jokowi menyampaikan Indonesia harus bisa melakukan lompatan ekonomi dalam krisis Covid-19.

Ini mengacu pada banyaknya negara yang mengalami resesi akibat Covid-19, di sana ada peluang Indonesia untuk muncul sebagai kekuatan baru minimal di kawasan regional.

Hal ini bisa terjadi mengingat modal penting Indonesia lewat konsumsi dalam negeri. Hal yang sama menyelamatkan Indonesia dari krisis 1998 dan 2008 dimana konsumsi dalam negeri dan UMKM membantu Indonesia dari krisis berkepanjangan.

Pratama yang juga chairman lembaga riset keamanan siber Indonesia Communication & Information System Security Research Center (CISSReC) ini menambahkan praktis ticketing online turun drastis, karena menurunnya perjalanan antarpulau, antarkota dan antarnegara.

Namun, katanya, pemenuhan kebutuhan lewat online cenderung naik tajam. Misalnya pemakaian aplikasi webinar dan rapat online, lalu sekolah dari rumah yang menggunakan perangkat elektronik dan data. Bisa dilihat dari laporan Telkom yang membukukan laba hampir Rp 12 triliun.

“Jadi apa yang disampaikan Bapak Presiden untuk melakukan lompatan besar ekonomi salah satunya lewat industri siber," ungkapnya.

Lompatan besar ekonomi dapat terwujud dengan meningkatnya industri siber di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close