Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Infertilitas Masalah Besar Bagi Pasutri

Sabtu, 14 Mei 2011 – 12:40 WIB
Infertilitas Masalah Besar Bagi Pasutri - JPNN.COM
MASALAH gangguan kesuburan (infertilitas) pada pasangan suami istri (pasutri) merupakan masalah yang sering muncul dan dianggap sebagai bentuk kegagalan reproduksi. Dan hal ini sering kali menjadi masalah besar bagi kesehatan dan kehidupan sosial pasutri di seluruh dunia.

Tercatat sekitar 8 hingga 10 persen pasutri di seluruh dunia mengalami infertilitas selama masa reproduksinya. Di Indonesia, terdapat sekitar 12 hingga 15 persen pasutri usia produktif mengalami masalah ini. Sedangkan kasus infertilitas di Sumut per tahunnya terdata sebanyak 15 hingga 17 persen.

Dr Ichwanul Adenin SpOG (K), dokter ahli kandungan dari RSUP H Adam Malik Medan mengatakan, terdapat berbagai gangguan yang dapat memicu terjadinya infertilitas, baik pada wanita maupun pria.

"Pada wanita antara lain gangguan organ reproduksi terdata 20 persen per tahun, gangguan ovulasi (15 persen), kegagalan implantasi, endometriosis, abrasi, genetis, factor imunologis serta lingkungan (25 persen). Sedangkan pada pria rata-rata 40 persen yakni abnormalitas sperma, ejakulasi, ereksi, cairan semen, infeksi pada saluran genital serta lingkungan," paparnya di VIP Lounge Lantai 9 Hotel Aryaduta Medan, pada Seminar bertajuk "Media Edukasi" dengan tema "Masalah Gangguan Kesuburan dan Upaya Pemecahannya," yang diselenggarakan Klinik Yasmin Kencana RSCM Jakarta, Jum"at (13/5).

MASALAH gangguan kesuburan (infertilitas) pada pasangan suami istri (pasutri) merupakan masalah yang sering muncul dan dianggap sebagai bentuk kegagalan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close