Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Inflasi Diasumsikan Masih Menurun

Kamis, 02 Juli 2009 – 21:00 WIB
Inflasi Diasumsikan Masih Menurun - JPNN.COM
JAKARTA - Pjs Gubernur Bank Indonesia (BI) Miranda Gultom mengatakan, tekanan inflasi cenderung terus menurun dalam beberapa waktu terakhir, akibat masih melemahnya perekonomian global. "Lemahnya perekonomian global tersebut tentu saja akan berdampak pada menurunnya tekanan inflasi yang berasal dari imported inflation, menurunnya tekanan permintaan, serta rendahnya ekspektasi inflasi masyarakat," jelasnya di Gedung DPR, Kamis (2/7).

Dikatakan Miranda, faktor lain yang menurunkan tekanan inflasi, adalah harga barang yang ditentukan oleh pemerintah atau administered prices yang rendah, serta terjaminnya pasokan dan distribusi makanan di berbagai daerah di Indonesia. "Ini akan menyebabkan harga barang-barang bergejolak tetap rendah," paparnya.

Namun di sisi administered prices, lanjutnya pula, pihaknya memandang bahwa tahun 2009 ini belum ada tekanan yang memungkinkan inflasi untuk meningkat. Sementara itu, di sisi harga bahan makanan yang bergejolak, tekanan inflasi juga masih terus menurun seiring dengan kecukupan pasokan bahan makanan dan lancarnya distribusi di berbagai daerah.

Dengan perkembangan tersebut, Miranda juga menyebutkan bahwa inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) sampai dengan Juni 2009, tercatat sangat rendah sebesar 0,21 persen (year to day) atau sekitar 3,65 persen (year on year) pada akhir Juni 2009. Tingkat inflasi tersebut jauh lebih rendah apabila dibandingkan dengan inflasi periode yang sama pada tahun 2008, yang sebesar 5,47 persen (year to day) atau 10,38 persen (year on year).

JAKARTA - Pjs Gubernur Bank Indonesia (BI) Miranda Gultom mengatakan, tekanan inflasi cenderung terus menurun dalam beberapa waktu terakhir, akibat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA