Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Informasi Penting untuk Pemudik yang Ingin Balik dari Sumatra ke Jawa

Sabtu, 15 Mei 2021 – 08:02 WIB
Informasi Penting untuk Pemudik yang Ingin Balik dari Sumatra ke Jawa - JPNN.COM
Suasana Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok terlihat sepi, Jakarta, Senin (10/5). Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, BANDARLAMPUNG - Polda Lampung menambah posko pemeriksaan dokumen perjalanan untuk mengantisipasi arus balik para pemudik dari Pulau Sumatra ke Jawa.

Tambahan posko pemeriksaan yakni tiga di Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) dan satu di Jalan Arteri Simpang Hatta, Pelabuhan Bandar Bakau, serta Pelabuhan Bakauheni.

"Untuk tiga posko tambahan di Rest Area JTTS berada KM 172 B, KM 87 B dan KM 20 B yang akan mulai beroperasi pada pukul 00.00 WIB pada tanggal 15 Mei 2021," Kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad saat dihubungi di Bandarlampung, Jumat (14/5).

Zahwani mengatakan bahwa langkah antisipasi arus balik ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Satgas Penanganan COVID-19 dan Surat dari Kementerian Koordinator Bidang Ekonomi Republik Indonesia dalam rangka kesiapan pencegahan penyebaran virus corona.

Sehingga, lanjut dia, Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno langsung melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait yang diharapkan dapat bahu-membahu dalam mengecek atau pemeriksaan semua dokumen pelaku perjalanan yang ingin menuju ke Pulau Jawa.

Dia mengimbau masyarakat yang ingin melakukan perjalanan dari Sumatera ke Jawa untuk melengkapi dokumennya sesuai surat edaran (SE) dari Satgas COVID-19, yakni surat izin keluar masuk (SIKM), surat tugas bagi aparatur sipil negara (ASN), TNI-Polri, karyawan perusahaan/BUMN.

Kemudian, lanjut Pandra, masyarakat juga harus dilengkapi surat keterangan resmi hasil rapid test antigen COVID-19 dan GeNose maupun polymerase chain reaction (PCR) yang berlaku 1x24 jam.

Apabila tidak dilengkapi dokumen-dokumen tersebut, mereka akan diputarbalikkan atau dilakukan rapid test antigen di lokasi pos pemeriksaan.

Berikut ini pengumuman atau informasi yang harus diketahui para pemudik yang akan balik dari Pulau Sumatra ke Jawa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close