Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ingatkan Pembunuhan Anggota FPI, Komnas HAM Pastikan Investigasi Perkara Irjen Ferdy Independen

Jumat, 15 Juli 2022 – 17:55 WIB
Ingatkan Pembunuhan Anggota FPI, Komnas HAM Pastikan Investigasi Perkara Irjen Ferdy Independen - JPNN.COM
Komnas HAM memastikan investigasi kasus penembakan antaranggota kepolisian di rumah Irjen Ferdy Sambo berjalan dengan independen. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Komnas HAM memastikan investigasi kasus penembakan antaranggota kepolisian di rumah Irjen Ferdy Sambo berjalan dengan independen.

Komnas HAM menyampaikan pengusutan pada kasus tersebut, sama cara bergeraknya ketika menginvestigasi perkara penembakan anggota FPI di KM50.

"Sejak kemarin, kami sudah sepakat masing-masing jalan dengan tugas dan fungsinya sesuai mandat dan undang-undang yang ada," kata Ketua Komnas HAM RI Ahmad Taufan Damanik di Jakarta, Jumat (15/7).

Komnas HAM, kata dia, akan bekerja merujuk kepada Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang HAM dengan melakukan pemantauan dan penyelidikan termasuk monitoring terhadap proses penegakan hukum.

Dia membenarkan ada koordinasi dengan Polri untuk mengusut kasus itu.

Dalam pertemuan tersebut, Taufan mengaku tidak terlalu banyak yang dibahas karena Polri maupun Komnas HAM sudah cukup sering menangani kasus serupa.

Sebagai contoh, salah satu kasus yang terjadi pada Mei 2019. Pada saat itu Polri maupun Komnas HAM sama-sama membentuk tim dan melakukan tugas sesuai fungsi masing-masing, tetapi diikat oleh koordinasi intensif antarinstansi.

"Pada saat itu, hasilnya kami sampaikan bersama-sama termasuk beberapa hal yang menjadi kesimpulan dan rekomendasi," ujar Taufan.

Komnas HAM memastikan investigasi kasus penembakan antaranggota kepolisian di rumah Irjen Ferdy Sambo berjalan dengan independen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close