Alexa Analytics
Gerakan Satu Indonesia Stop Corona

Ini 4 Penyebab Orang Suka Borong Baju atau Kue Menjelang Lebaran, Anda yang Mana?

Sabtu, 23 Mei 2020 – 22:00 WIB
Ini 4 Penyebab Orang Suka Borong Baju atau Kue Menjelang Lebaran, Anda yang Mana? - JPNN.COM
Suasana kawasan Jati Baru Raya, Tanah Abang, Jakarta, Senin (18/5). Menjelang Hari Raya Idul Fitri, warga berburu kebutuhan lebaran di masa PSBB. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Hari raya Lebaran akan tiba, pastinya banyak hal yang ingin dibeli atau diganti baru. Bahkan, beberapa orang cenderung suka memborong di bulan Ramadan. Padahal, belanja menjelang Lebaran seperti itu merupakan kebiasaan yang tidak diperlukan, lho. Akan tetapi, mengapa tetap dilakukan, ya?

Mengapa ada orang suka memborong barang atau makanan saat akan lebaran?

Kebiasaan untuk membeli sesuatu yang baru dalam jumlah yang banyak saat Lebaran sering dilakukan banyak orang. Hal ini tidak bisa lepas memang merupakan tradisi turun-temurun sejak lama.

Namun, segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Kebiasan membeli barang secara kalap harus segara dipikirkan ulang pada saat Lebaran, apalagi pada saat pandemi virus corona seperti sekarang ini.

Ada banyak faktor mengapa orang suka memborong baju atau kue menjelang Lebaran. Menurut psikolog Ikhsan Bella Persada, M.Psi, berikut daftarnya:

1. Sukacita Menyambut Hari Raya

Hari raya Lebaran pastinya disambut sukacita oleh semua umat muslim. Ternyata dorongan ini bisa membuat Anda memborong kue atau baju Lebaran.

"Bisa jadi, karena sukacita dari orang tersebut menanggapi lebaran, jadi mereka ingin punya makanan banyak dan beli baju pada saat ada tamu ada suasana baru. Tapi, di balik itu, umumnya memang ada perilaku konsumtif karena sebenarnya masih ada barang tahun lalu," ujar Ikhsan.

2. Faktor Tren Terbaru

Banyak produsen mengeluarkan seri atau model barang terbaru menjelang Ramadan. Bagi yang tidak ‘kuat iman’, pastinya ingin selalu tampil up to date dengan membeli keluaran terbaru.

loading...