Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini 4 Vaksin Covid-19 yang Berpeluang Diproduksi di Indonesia

Selasa, 09 November 2021 – 06:50 WIB
Ini 4 Vaksin Covid-19 yang Berpeluang Diproduksi di Indonesia - JPNN.COM
BPOM menyatakan ada empat vaksin Covid-19 yang berpeluang besar untuk diproduksi di dalam negeri mulai 2022. Foto/Ilustrasi: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyatakan ada empat vaksin Covid-19 yang berpeluang besar untuk diproduksi di dalam negeri mulai 2022.

"Saat ini ada empat yang ada kemungkinan menuju pada produksi dalam negeri dan sudah terlihat ada progresnya," kata Kepala BPOM RI Penny K Lukito seperti dikutip dari Antara, Selasa (9/11).

Adapun empat vaksin itu adalah:

1. Vaksin Merah Putih

Vaksin Covid-19 yang dikembangkan Universitas Airlangga (Unair) sudah memasuki tahap kedua praklinik.

"Fase pertama menggunakan hewan mencit dan yang kedua menggunakan hewan makaka itu baru saja diselesaikan," katanya.

Penny menyebut vaksin Merah Putih sudah masuk ke arah uji klinik fase pertama yang dimulai pada Desember 2021. Diperkirakan uji klinik fase kedua dan ketiga dilakukan bersamaan sekitar Januari-Februari 2022.

"Harapannya izin penggunaan darurat (EUA) bisa keluar sekitar bulan Mei atau Juni 2022 hingga produksi atau komersialisasi bisa Juni atau Juli 2022," katanya.

2. vaksin BUMN

Menurut Penny saat ini Baylor Medical Collage juga sedang melakukan pengembangan berupa vaksin BUMN dan saja menyelesaikan praklinik kedua kata Penny.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyatakan ada empat vaksin Covid-19 yang berpeluang besar untuk diproduksi di dalam negeri mulai 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close