Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini 5 Cara Menurunkan Asam Urat Tanpa Obat

Minggu, 01 Desember 2019 – 04:21 WIB
Ini 5 Cara Menurunkan Asam Urat Tanpa Obat - JPNN.COM
Ilustrasi Asam Urat. Foto Freepik.com/katemangostar

jpnn.com - Terlanjur kena penyakit asam urat dan sering mengalami keluhan nyeri sendi yang utamanya terjadi di jempol kaki? Penyakit yang dikenal medis dengan istilah gout artritis ini memang sangat menyiksa saat sedang kambuh. Lalu, bisakah menurunkan asam urat tanpa obat?

Menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, asam urat tidak hanya menyebabkan nyeri sendi dan pegal-pegal. Kondisi ini juga berhubungan dengan risiko gangguan ginjal di kemudian hari. Oleh sebab itu, asam urat mesti dikendalikan agar tidak melulu tinggi dan menyebabkan kekambuhan gejala. 

“Untuk menurunkan asam urat, tidak selalu butuh obat-obatan. Anda juga bisa menurunkan asam urat dengan cara yang alami,” kata dr. Dyan Mega.

Menurunkan asam urat tanpa obat

Bukan tak mungkin Anda bisa mengurangi rasa sakit ketika asam urat kambuh. Berikut adalah cara menurunkan asam urat tanpa obat menurut dr. Dyan Mega.

1. Jauhi makanan mengandung purin

Asam urat adalah hasil metabolisme makanan tinggi purin, seperti jeroan, seafood, kol dan kacang-kacangan.

“Apabila tidak dikonsumsi berlebihan, purin yang dihasilkan dapat dengan mudah dikeluarkan melalui urine,” kata dr. Dyan Mega.

Asam urat bukanlah akhir dari segalanya. Penyakit ini memang tidak bisa sembuh, tetapi Anda tetap bisa mengendalikan agar gejalanya tidak melulu kambuh.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close