Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini 5 Hal yang Harus Dilakukan Pendaki Sebelum Menuju Pendakian Gunung Semeru

Sabtu, 03 April 2021 – 23:05 WIB
Ini 5 Hal yang Harus Dilakukan Pendaki Sebelum Menuju Pendakian Gunung Semeru - JPNN.COM
Dokumentasi - Gunung Semeru terpantau dari Pos Pengamatan Gunung Api Semeru di Gunung Sawur, Kabupaten Lumajang. (ANTARA/ HO - PPGA Semeru)

jpnn.com, SURABAYA - Balai Besar (BB) Taman Nasional Bromo-Tengger Semeru (TNBTS) sudah membuka kembali jalur pendakian Gunung Semeru.

Sebelumnya, jalur itu ditutup mulai 31 Desember hingga 31 Maret 2021. Cuaca buruk dan juga alasan konservasi menjadi faktor penyebab penutupan jalur tersebut.

 Mulai 1 April 2021, kemarin, BB TNBTS sudah membuka pendakian menuju Gunung Semeru. Berikut lima hal yang perlu diperhatikan oleh para pendaki Gunung Semeru di masa pandemi Covid-19.

1. Daftar Secara Online

Bagi para calon pendaki hendaknya melakukan pendaftaran mulai dari jadwal pendakian hingga booking tiket melalui situs resmi BB TNBTS yang bisa diakses pada laman https://bookingsemeru.bromotenggersemeru.org/.

“Pendaftaran dilakukan H-3 dari jadwal keberangkatan. Untuk melakukan pergantian personel dilakukan H-2 keberangkatan,” ujar Kepala Seksi 3 BB TNBTS Ranu Pani, Singgih Rudy Setyanto.

2. Jumlah Pendaki Dibatasi

Pihak BB TNBTS membatasi jumlah kuota pendaki sebesar 30 persen per hari. Jadi ada sebanyak 180 orang pendaki yang diizinkan untuk berangkat per hari

BB TNBTS sudah membuka pendakian menuju Gunung Semeru setelah ditutup sejak akhir tahun lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close