Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

 Ini 5 Tips Sebelum Merenovasi Kamar Mandi

Jumat, 08 Desember 2023 – 07:20 WIB
 Ini 5 Tips Sebelum Merenovasi Kamar Mandi - JPNN.COM
Ilustrasi kamar mandi. Foto: dok Freepik - Vinilon

jpnn.com, JAKARTA - Kegiatan merenovasi kamar mandi bukan sekadar memperbaharui tampilan, tetapi juga memberikan sentuhan segar pada salah satu ruangan paling penting di rumah.

Bagi sebagian orang, kamar mandi tidak hanya berfungsi sebagai tempat untuk menjalani rutinitas harian, tetapi juga merupakan area yang bisa menciptakan kenyamanan dan relaksasi di rumah.

Simak 5 tips merenovasi kamar mandi, lengkap dengan beberapa pilihan perlengkapan terbaik

Perencanaan yang Matang

Untuk proses awal, kamu bisa menentukan anggaran, identifikasi gaya desain yang diinginkan, dan buat daftar prioritas. Untuk desain kamar mandi, kamu bisa memadukan warna dan tata letak sesuai dengan keinginan. Namun, tidak lupa untuk tetap mempertimbangkan faktor fungsional seperti penyimpanan, pencahayaan, dan ruang gerak untuk menciptakan kamar mandi yang nyaman dan aman tentunya. 

Pemilihan Material yang Tepat
Memilih material yang tepat adalah langkah penting, pastikan material yang kamu pilih tahan air, tahan lama, dan mudah dibersihkan. Lantai yang kasar akan mudah ditumbuhi lumut dan membuat permukaannya licin. Untuk menyiasatinya, pilihlah lantai yang terbuat dari bebatuan, keramik, vinil, atau tegel. Untuk dinding, kamu bisa juga bisa menambahkan keramik, batu alam, ataupun laminasi untuk mempercantik tampilannya. 

Pertimbangkan Aspek Ramah Lingkungan
Hal lain yang harus diperhatikan adalah instalasi pipa. Gunakan produk yang ramah lingkungan, seperti penggunaan pipa, seperti pipa HDPE, PPR yang tahan air panas serta pipa uPVC yang bebas timbal dari Vinilon. Dengan menggunakan pipa tersebut di atas, tentunya mampu mendukung upaya pelestarian lingkungan hidup. Selain itu, pipa ramah lingkungan dengan bahan yang aman bisa membantu air yang mengalir melalui saluran kamar mandi tidak terkontaminasi oleh zat berbahaya atau toksin yang dapat merugikan kesehatan. 


Fokus pada Pencahayaan dan Pemilihan Warna
Pencahayaan yang baik bisa menciptakan atmosfer yang menyenangkan serta sentuhan estetika pada kamar mandi. Sama halnya dengan pemilihan palet warna yang sesuai, kamu dapat menggunakan warna netral seperti  putih, abu-abu, beige, ataupun warna gelap tetapi tetap dengan satu tema warna yang sama. Pertimbangkan untuk menggunakan kombinasi cahaya buatan dan alami. Jendela yang memungkinkan cahaya matahari masuk dapat menciptakan nuansa segar, sementara lampu penerangan yang baik dapat memberikan tata cahaya yang optimal.

Kamar mandi tidak hanya berfungsi sebagai tempat menjalani rutinitas harian, tetapi juga merupakan area yang bisa menciptakan kenyamanan dan relaksasi di rumah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close