Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Alasan Mengapa Anda tak Perlu Takut Makan Malam

Selasa, 25 Desember 2018 – 05:18 WIB
Ini Alasan Mengapa Anda tak Perlu Takut Makan Malam - JPNN.COM
Makan malam hari. Foto: Ilustrasi

jpnn.com - Makan malam sering dianggap sebagai kebiasaan yang buruk. Alasan yang sering didengar adalah karena makan malam bisa bikin gemuk. Padahal sebetulnya, jika dilakukan dengan cara yang tepat, manfaatnya sangat besar, misalnya dengan makan malam lebih awal. Sebaliknya, menurut beberapa penelitian, makan larut malam berhubungan dengan diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Dikutip dari Telegraph, para peneliti dari Perelman School of Medicine di University of Pennsylvania menemukan bahwa makan larut malam dapat menaikkan kadar glukosa dan insulin, yang menyebabkan diabetes tipe 2. Mereka juga melihat bahwa waktu makan malam yang tidak tepat dapat meningkatkan risiko penyakit jantung atau terkena serangan jantung. 

Hal senada diungkapkan oleh Dr Ebru Özpelit, associate professor bidang kardiologi di Dokuz Eylül  University, Turki. Ia mengatakan bahwa bagaimana Anda makan sama pentingnya dengan apa yang Anda makan. “Sarapan itu penting. Begitu juga makan siang, Anda tidak boleh melewatkan makan siang. Sedangkan untuk malam malam, sebaiknya dalam porsi kecil dan tidak boleh lebih dari jam 7 malam.”

Lalu, apa saja keuntungan kesehatan yang Anda dapat dari makan malam lebih awal. Dilansir Eatingwell.com, ini tiga manfaatnya:

1. Pinggang lebih ramping

Menurut sebuah studi yang dimuat di Cell Metabolism, tikus yang makan malam lebih awal dan berpuasa selama 16 jam setelahnya memiliki bentuk pinggang yang lebih ramping. Para peneliti menduga, makan malam lebih awal memungkinkan tubuh untuk memproses makanan secara lebih efisien.

Selain itu, para peneliti memperhatikan bahwa tikus yang diberi diet tinggi lemak namun berpuasa 16 jam setelahnya, kenaikan berat badannya tidak sebanyak tikus yang makan lebih sering.

2. Tidur lebih nyenyak

Rupanya makan malam yang selama ini ditakutkan juga ada manfaat tersendiri bagi tubuh bila dilakukan dengan baik dan benar.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close