Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Ini Aplikasi Khusus untuk Jaga Keselamatan Dokter dan Tenaga Kesehatan

Minggu, 17 Januari 2021 – 06:19 WIB
Ini Aplikasi Khusus untuk Jaga Keselamatan Dokter dan Tenaga Kesehatan - JPNN.COM

jpnn.com, SURABAYA - Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) Surabaya membuat dan mengagas aplikasi pertama untuk menjaga keselamatan para dokter dan tenaga kesehatan (nakes) di Indonesia dalam menghadapi Pandemi Covid-19.

Platform yang diberi nama DokterSafe adalah aplikasi yang dikembangkan sebagai media informasi, komunikasi dan edukasi (KIE) untuk dokter dan nakes dalam menjalankan tugas di era pandemi ini.

Project Manajer DokterSafe dr. Muhammad Shoifi mengatakan, aplikasi ini dibuat khusus untuk keselamatan dan proteksi bagi dokter dan Nakes dari resiko paparan virus Covid-19.

"Aplikasi ini sarana media informasi, komunikasi dan edukasi dalam aspek perlindungan dan keselamatan dokter dan Nakes selama bertugas di era pandemi Covid-19," ujar dr Shoifi, Sabtu, 16 Januari 2021.

 Shoifi mengatakan, dalam aplikasi ini terdapat beberapa fitur yang berisi informasi, komunikasi dan edukasi yang dibutuhkan dokter dan nakes.

"Pertama ada informasi mengenai update kasus Covid-19 mulai angka kejadian hingga tingkat kesembuhan yang setiap hari akan diperbarui. Jadi, dokter dan nakes yang memakai aplikasi ini bisa mengetahui informasi tiap hari," katanya kepada Ngopibareng.id.

Tak hanya itu, ada pula fitur self assessment atau penilaian diri dokter dan nakes yang berguna untuk mengetahui seberapa besar dirinya berisiko terhadap paparan Covid-19.

"Dalam aplikasi ini juga terdapat panduan berupa video tata cara melepas dan mengunakan APD sesuai standar. Karena dalam pelepasan APD sangat berisiko apabila virus masih menempel," katanya.