Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Bahaya Kesehatan Akibat BPA, Masyarakat Harus Tahu

Sabtu, 20 Agustus 2022 – 10:31 WIB
Ini Bahaya Kesehatan Akibat BPA, Masyarakat Harus Tahu - JPNN.COM
Arzeti Bilbini (kiri) mendukung BPOM melakukan pelabelan BPA pada kemasan plastik. Foto: dokumen Komnas Perlindungan Anak

jpnn.com, JAKARTA - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) berinisiatif melakukan perubahan Perka No 31 Tahun 2018 tentang label pangan olahan.

Inti dari revisi perka tersebut terkait pelabelan BPA pada air minum dalam kemasan (AMDK) untuk melindungi kesehatan masyarakat dari potensi bahaya zat kimia.

Menurut BPOM potensi bahaya BPA terhadap kesehatan selaras dengan berbagai penelitian di dalam negeri maupun di luar negeri.

Rafika Oktivaningrum dan Laila Fitria dari Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia melakukan penelitian berjudul 'Kajian Sistematis Dampak Pajanan Bisphenol A (BPA) terhadap Sistem Reproduksi dan Perkembangan Manusia'.

Dalam penelitian tersebut disimpulkan bahwa dampak pajanan BPA ialah penurunan kualitas cairan pria dan disfungsi seksual berupa penurunan hasrat, kesulitan erektil, kesulitan ejakulasi, dan penurunan kepuasan di ranjang.

Dampak pajanan BPA terhadap sel pada sistem reproduksi pria pada studi eksperimental in vitro adalah induksi proliferasi  sel adenokarsinoma prostat dan kanker testis manusia.

Sementara itu, dampak pajanan BPA terhadap sistem reproduksi wanita yang ditemukan pada studi observasional adalah kegagalan implantasi, penurunan level estradiol dan jumlah oosit yang dikumpulkan (OCR) pada fertilisasi in vitro.

Menurut BPOM, BPA bekerja dengan mekanisme endocrine disruptors khususnya hormon estrogen sehingga berhubungan gangguan sistem reproduksi.

Bahaya BPA terhadap kesehatan selaras dengan berbagai penelitian di dalam negeri maupun di luar negeri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close