Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Beberapa Faktor yang Bikin Ganjar Potensial Raih Suara Warga NU

Minggu, 20 Agustus 2023 – 07:34 WIB
Ini Beberapa Faktor yang Bikin Ganjar Potensial Raih Suara Warga NU - JPNN.COM
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kemungkinan didukung warga NU. Dok: Tim media Ganjar.

jpnn.com, JAKARTA - Organisasi Islam Nahdlatul Ulama (NU) di Pilpres 2024 mendatang akan memainkan peran penting dalam hajatan lima tahunan ini.

Potensi puluhan juta suara warga NU di Pilpres 2024 sangat menentukan bagi para capres. Terlebih NU adalah organisasi Islam terbesar di Indonesia. Lantas siapa capres potensial yang mendapatkan suara dari warga NU?

Pengamat komunikasi politik Ratna Puspita menilai salah satu capres yang paling potensial mendapat dukungan NU adalah kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo.

“Dari tiga nama bakal calon presiden, Ganjar Pranowo memiliki keuntungan dalam relasinya dengan organisasi ormas Islam terbesar di Indonesia itu,” ujar Ratna dalam keterangannya, Minggu (20/8).

Ratna menjelaskan beberapa faktor Ganjar potensial mendapatkan suara dari Warga NU. Contohnya adalah, istri Ganjar, Siti Atiqoh Supriyanti yang merupakan cucu dari kiai NU terkemuka di Purbalingga, yakni KH Hisyam A Karim.

KH Hisyam A Karim adalah pendiri Pondok Pesantren Roudlotus Sholihin Sukawarah di Karanganyar, Purbalingga, Jawa Tengah.

“Posisi ini menjadikan Ganjar sebagai bagian dari keluarga NU dan nahdiyin,” ujarnya,

Kemudian contoh lainnya adalah, Wakil Gubernur yang mendampingi Ganjar 2018-2023 adalah NU tulen, yakni Taj Yasin Maimoen atau Gus Yasin. Dia adalah anak kiai terkemuka Maimoen Zubair.

Organisasi Islam Nahdlatul Ulama (NU) di Pilpres 2024 mendatang akan memainkan peran penting dalam hajatan lima tahunan ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close