Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Cara Asyik BPIP Gelorakan Semangat Pancasila ke Generasi Muda

Sabtu, 13 November 2021 – 21:55 WIB
Ini Cara Asyik BPIP Gelorakan Semangat Pancasila ke Generasi Muda - JPNN.COM
BPIP punya cara asyik menggelorakan semangat Pancasila. Foto: dok. BPIP

jpnn.com, LAMPUNG - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) berupaya membangkitkan kembali nilai Pancasila ke generasi muda. Dalam upayanya, BPIP menggunakan cara kekinian yakni musik.

BPIP pun bekerja sama dengan Sinergy for Indonesia dan Indonesia Care menggelar diskusi dengan tema Bedah Musik Kebangsaan, Sosialisasi Nilai-Nilai Pancasila Lewat Musik 2021 di Universitas Lampung (Unila).

"Kegiatan ini sangat penting bagi kita semua,” kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unila Yulianto dalam siaran persnya, Sabtu (13/11).

Dia mengatakan kalau dahulu internalisasi nilai-nilai Pancasila dilakukan dalam bentuk penataran, diklat, dan sebagainya, maka saat ini terdapat perbedaan cara menyosialisasikan nilai-nilai tersebut dengan masa sebelumnya.

“Pemahaman Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya harus disampaikan, disesuaikan dengan metode kekinian yang disukai anak-anak muda. Apalagi, sekarang di era keterbukaan informasi 4.0. Salah satunya melalui musik seperti ini,” jelasnya.

Dia menambahkan jiwa anak muda harus dibangkitkan agar pembangunan fisik dan sumber daya manusia Indonesia yang berkarakter dapat tercapai.

Pembangunan SDM dan fisik harus dibantu dengan pembangunan jiwa. Dengan demikian, implementasi Pancasila menjadi karakter bangsa, terutama pemuda Indonesia, bukan lagi hal yang sulit dilakukan.

“Ini merupakan capaian yang sangat baik. Universitas Lampung sangat bangga bisa menjadi tuan rumah pada penyelenggaraan musik kebangsaan ini,” katanya. (cuy/jpnn)

BPIP punya cara asyik menggelorakan semangat Pancasila kepada generasi muda, salah satunya lewat musik.

Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Djainab Natalia Saroh, Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close