Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Fakta-Fakta Menarik Soal Kota Tangerang

Jumat, 03 Desember 2021 – 14:45 WIB
Ini Fakta-Fakta Menarik Soal Kota Tangerang - JPNN.COM
Wisata di Kota Tangerang. Foto: Pemkot Tangerang

jpnn.com, TANGERANG - Kota Tangerang menjadi salah satu penyangga ibu kota dengan berbagai industri yang berkembang pesat.

Selain industri, Kota Tangerang juga memiliki fasilitas umum seperti transportasi, pendidikan, layanan publik, pendidikan, hingga pusat perbelanjaan yang modern.

Dengan konsep Liveable, Investable, Visitable, E-City atau Tangerang LIVE, Kota Tangerang juga memiliki sejarah, budaya, dan wisata kuliner yang menarik.

Berikut adalah fakta-fakta menarik tentang Kota Tangerang: 

1. Awal Mula Nama Tangerang

Nama Tangerang berasal dari masyarakat sekitar untuk menyebut tugu yang didirikan Pangeran Soegiri, putra Sultan Ageng Tirtayasa dari Kesultanan Banten. 

Tugu yang terletak di bantaran Sungai Cisadane, tepatnya di Gardu Gede itu dibangun pada 1654 Masehi dengan tinggi sekitar 2,5 meter.

Awalnya, tugu tersebut merupakan pembatas antara wilayah Kesultanan Banten di sebelah barat Sungai Cisadane dengan wilayah kekuasaan VOC di sebelah timur.

Masyarakat sekitar menyebut tugu tersebut dengan sebutan Tetengger atau Tanggerang, yang dalam bahasa Sunda berarti Penanda.

Dengan konsep Liveable, Investable, Visitable, E-City atau Tangerang LIVE, Kota Tangerang juga memiliki sejarah, budaya, dan wisata kuliner yang menarik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close