Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Gejala Hepatitis Akut 'Misterius' yang Perlu Diwaspadai

Senin, 02 Mei 2022 – 22:05 WIB
Ini Gejala Hepatitis Akut 'Misterius' yang Perlu Diwaspadai - JPNN.COM
Juru Bicara Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengimbau masyarakat Indonesia untuk mewaspadai hepatitis akut misterius. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengimbau masyarakat Indonesia untuk mewaspadai hepatitis akut, setelah tiga pasien anak yang dirawat di RSUPN Dr. Ciptomangunkusumo Jakarta dengan dugaan penyakit tersebut meninggal.

"Tiga anak dengan dugaan hepatitis akut belum diketahui penyebabnya," ujar Nadia.

Menurut Nadia, pasien meninggal dalam kurun waktu yang berbeda dengan rentang dua minggu terakhir hingga 31 April 2022. Ketiganya merupakan rujukan dari rumah sakit yang berada di Jakarta Timur dan Jakarta Barat.

Gejala yang ditemukan pada pasien-pasien ini adalah mual, muntah, diare berat, demam, kuning, kejang dan penurunan kesadaran.

Diare akut itu juga memiliki gejala yang ditandai dengan kulit dan sklera berwarna ikterik atau kuning dan urin berwarna gelap yang timbul secara mendadak.

Saat ini, Kementerian Kesehatan RI sedang berupaya untuk melakukan investigasi penyebab kejadian hepatitis akut ini melalui pemeriksaan panel virus secara lengkap. Dinas kesehatan Provinsi DKI Jakarta sedang melakukan penyelidikan epidemiologi lebih lanjut.

“Selama masa investigasi, kami menghimbau masyarakat untuk berhati-hati dan tetap tenang," ujar Nadia.

Nadia mengatakan masyarakat harus melakukan tindakan pencegahan seperti mencuci tangan, memastikan makanan dalam keadaan matang dan bersih, tidak bergantian alat makan, menghindari kontak dengan orang sakit serta tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengimbau masyarakat Indonesia untuk mewaspadai hepatitis akut misterius.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close