Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Manfaat Mengonsumsi Kacang untuk Jantung Anda  

Kamis, 28 Desember 2017 – 19:05 WIB
Ini Manfaat Mengonsumsi Kacang untuk Jantung Anda   - JPNN.COM
Kacang almond. Foto: Ilustrasi

jpnn.com - Butuh camilan? Lebih baik Anda memilih kacang sebagai camilan.

Para ahli menyarankan agar Anda mengonsumsi segenggam kacang yang bisa mencegah Anda dari rasa lapar.

Itu karena memakan segenggam kacang beberapa kali dalam seminggu bisa mengurangi risiko penyakit jantung hingga hampir seperempat.
Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap lebih dari 210.000 orang menemukan bahwa mereka yang makan kenari, kacang almond, hazelnut, kacang mete, pistachio dan pecan dua kali atau lebih dalam seminggu memiliki resiko 23 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan penyakit jantung koroner dan 15 persen lebih kecil kemungkinannya menderita penyakit kardiovaskular. 

Jumlah kacang yang sama, yang secara teknis merupakan legum juga mengurangi risiko penyakit hingga 15 persen dan 13 persen.
Dan makan kenari, secara khusus, satu atau beberapa kali per minggu mengurangi penyakit jantung koroner dan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 21 persen dan 19 persen.

"Temuan kami mendukung rekomendasi untuk meningkatkan asupan berbagai jenis kacang, sebagai bagian dari pola diet yang sehat untuk mengurangi risiko penyakit kronis pada populasi umum," kata penulis utama studi, Marta Guasch-Ferre, PhD, seperti dilansir laman Yahoo Health.

Penelitian berskala besar, yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology, mengumpulkan riwayat medis, gaya hidup dan penyakit dari 210.000 perawat wanita dan profesional kesehatan laki-laki hingga 32 tahun melalui kuesioner mandiri setiap dua tahun.

Analisis tersebut menunjukkan adanya hubungan antara jumlah kacang yang dikonsumsi dan penyakit kardiovaskular dan penyakit jantung koroner.

Mereka yang makan lima atau lebih porsi kacang dalam seminggu memiliki 14 persen lebih rendah risiko penyakit kardiovaskular dan 20 persen lebih rendah risiko penyakit jantung koroner.(fny/jpnn)

Tahukah Anda? Memakan segenggam kacang beberapa kali dalam seminggu bisa mengurangi risiko penyakit jantung hingga hampir seperempat.

Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close