Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Peringatan Serius dari Letjen TNI Doni Monardo, Wajib Diketahui

Jumat, 25 Desember 2020 – 06:10 WIB
Ini Peringatan Serius dari Letjen TNI Doni Monardo, Wajib Diketahui - JPNN.COM
Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Letjen TNI Doni Monardo. Foto: ANTARA/GALIH PRADIPTA.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Letjen TNI Doni Monardo mengatakan tingkat kedisiplinan masyarakat terhadap pelaksanaan protokol kesehatan 3M telah mengalami penurunan di hampir seluruh daerah.

Padahal, kedisiplinan menjalankan 3M; mencuci tangan dengan sabun, memakai masker; dan menjaga jarak menghindari kerumunan mencari kunci penting memutus penularan virus Corona.

Pernyataan Doni yang juga kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini sekaligus menjadi peringatan serius, karena pengabaian penerapan 3M menjadi salah satu faktor penyebab bertambahnya kasus aktif COVID-19 di Tanah Air hingga hari ini.

"Tingkat disiplin masyarakat di hampir semua daerah mengalami penurunan. Pada awal minggu pertama November, tingkat akumulasi per minggu berada di kisaran 86,17 persen. Kemudian per minggu mengalami penurunan," jelas Doni dalam keterangannya pada acara “Outlook 2021: Wajah Indonesia Setelah Pandemi” yang disiarkan melalui media daring di Jakarta, Kamis (24/12).

Menurut data yang dikantongi Doni, tingkat disiplin dalam menjaga jarak dan menghindari kerumunan juga turut mengalami penurunan secara bertahap setiap pekannya. Adapun puncaknya terjadi pada tanggal 22 November, yakni berada pada angka 53,57 persen.

Hal ini mengkhawatirkan karena pada 1 November angka kepatuhan itu berada di angka 81,87 persen. Kemudian 8 November 80,62 persen, lantas 15 November 80,15 persen.

"Puncak penurunan ini berada pada tanggal 22 November yaitu 53,57 persen. Itu berada pada titik terendah," jelas Doni.

Pria kelahiran Cimahi, Jawa Barat ini mengakui bahwa pemerintah tidak dapat bekerja sendirian dalam rangka memutus mata rantai penyebaran COVID-19, khususnya dalam memberikan edukasi dan mengajak masyarakat agar tetap disiplin terhadap protokol kesehatan.

Menurut Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Letjen TNI Doni Monardo, kunci utama mencegah penularan virus Corona mulai diabaikan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close