Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini yang Bikin Anies Baswedan Merasa Berhasil Menangani Wabah Virus Corona

Selasa, 19 Mei 2020 – 23:32 WIB
Ini yang Bikin Anies Baswedan Merasa Berhasil Menangani Wabah Virus Corona - JPNN.COM
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto:dok ANTARA/HO-Humas Pemprov DKI Jakarta

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, rumusan untuk mengukur tingkat penularan yang disusun para ahli epidemiologi atau disebut reproduction number menjadi indikator keberhasilan penanganan virus corona (COVID-19).

"Kalau angka reproduction ini turun, maka Jakarta berhasil mengendalikan pergerakan COVID-19," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Selasa (19/4).

Anies menjelaskan, dengan menunjukkan grafik penyebaran COVID-19, semakin besar angka tersebut, maka tingkat penularannya terpantau tinggi. Pada 14 Maret, angka reproduksi Jakarta menunjukkan empat yang artinya satu orang bisa menularkan kepada empat orang.

"Itulah sebabnya mengapa penularannya menjadi intensif tinggi. Kita harus menurunkan itu," kata Anies.

Karena itu, Jakarta memandang adanya keharusan untuk melakukan penutupan sekolah, tempat pariwisata dan fasilitas umum lainnya di bulan Maret yang berefek mulai menurunnya tingkat penularan ketika memasuki April.

"Jadi semenjak pertengahan April sampai dengan sekarang, ini sudah berhasil turun hingga sekitar 1. Jadi angka reproduksi kita bergerak di sekitar angka 1 dalam beberapa waktu terakhir dan pada hitungan 17 Mei 2020 ada di angka 1,11," kata Anies.

Harapan pemprov, kata Anies, angka reproduksi ada di bawah satu yang artinya kemungkinan penyebaran semakin kecil. Karena itu, Anies menekankan adanya kesadaran masyarakat untuk tetap berada di rumah.

"Penurunan angka tersebut, kita syukuri berkat kerja kita semua terutama yang 60 persen yang memilih berada di rumah. Tanpa kita berada di rumah, tanpa dilakukan tracing oleh tim Dinas Kesehatan, isolasi mandiri, maka itu semua tidak akan tercapai," katanya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, reproduction number menjadi indikator keberhasilan penanganan virus corona

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close