Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini yang Terjadi pada Tubuh Saat Anda Stres

Minggu, 24 Maret 2019 – 17:40 WIB
Ini yang Terjadi pada Tubuh Saat Anda Stres - JPNN.COM
Stres. Foto: Pixabay

jpnn.com - Saat berada dalam tekanan atau ancaman, secara alami tubuh akan mengeluarkan hormon-hormon yang muncul kala stres. Selanjutnya, ini akan menimbulkan gejala dan tanda yang bisa Anda rasakan. Sungguh menarik untuk mengetahui apa saja yang terjadi pada tubuh saat stres.

Stres merupakan istilah untuk ketegangan mental atau emosional akibat situasi-situasi yang merugikan, traumatis atau menuntut. Segala macam situasi bisa menyebabkan stres, tetapi umumnya berkaitan dengan hubungan dengan pasangan, anak, atau anggota keluarga lain, beban kerja yang berlebihan, serta masalah ekonomi atau finansial.

Kadang-kadang, penyakit kronis yang tak terkendali juga dapat menyebabkan stres.

Meski begitu, stres belum tentu terjadi jika tidak ada pemicunya. Beberapa pemicu yang umum antara lain perubahan dalam hidup, hubungan, atau hal-hal lainnya.

Semakin besar perubahan, semakin besar potensi stresnya. Kemudian, adanya ketakutan, ketidakpastian, dan keraguan. Satu hal yang tak kalah penting adalah sikap atau persepsi seseorang terhadap hal-hal yang bisa menimbulkan stres. Ini bisa berhubungan dengan gaya hidup maupun keyakinan seseorang.

Inilah yang terjadi pada tubuh saat Anda stres

Saat Anda mengalami stres, tertekan, atau terancam, area di otak yang disebut hipotalamus bertindak sebagai alarm. Area ini mengeluarkan sejumlah perintah yang dirancang bagi tubuh untuk bersiap-siap melawan (fight) atau menghindar (flight)—dikenal sebagai respons fight-or-flight.

Bagian pertama yang menerima sinyal ini adalah kelenjar adrenal yang lalu mengeluarkan hormon adrenalin. Selanjutnya, hormon ini membuat jantung berdebar dan frekuensi napas meningkat.

Perlu diingat bahwa stres yang berkepanjangan dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, baik secara fisik maupun mental.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close