Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Inilah Jenis Kemampuan Pasukan Khusus TNI yang Dikirim ke Poso

Selasa, 01 Desember 2020 – 13:49 WIB
Inilah Jenis Kemampuan Pasukan Khusus TNI yang Dikirim ke Poso - JPNN.COM
Ilustrasi profil personel Batalion Intai Amfibi Korps Marinir TNI AL. Bersama Detasemen Jalamangkara Korps Marinir TNI AL, Satuan B-90 Bravo Korps Pasukan Khas TNI AU, dan Satuan 81 Penanggulangan Teror Komando Pasukan Khusus TNI AD, personel-personel terbaik satuan ini ikut menjadi komponen Komando Operasi Khusus TNI. FOTO: ANTARA/Eric Ireng

jpnn.com, PALU - Pasukan khusus TNI dikerahkan untuk memburu kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso yang diduga telah melakukan pembunuhan terhadap empat orang dalam satu keluarga di Lembantongo, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, Jumat (29/11/2020).

Para pelaku juga melakukan pembakaran beberapa rumah warga.

Komandan Korem 132/Tadulako, Brigadir Jenderal TNI Farid Makruf, optimis pasukan khusus TNI yang diturunkan mampu menumpas gerombolan bersenjata Ali Kalora yang memimpin MIT Poso.

“Pasukan yang datang mereka terdiri dari Kostrad dan Marinir yang mempunyai keahlian intel dan tempur,” kata Makruf, di Palu, Selasa (1/12).

Ia mengatakan kedatangan tim elit TNI ini untuk mengefektifkan pengejaran, pencarian dan penumpasan terhadap gerombolan bersenjata yang menebar teror dan kerap beraksi di luar batas perikemanusiaan terhadap korban-korbannya terhadap warga di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Gerombolan ini diketahui menerapkan taktik gerilya hutan dan berlarut sehingga hal ini harus dihadapi dengan kekuatan militer yang memiliki kualifikasi kontra-gerilya hutan dan intelijen.

Markas Besar TNI telah beberapa tahun terakhir memiliki Komando Operasi Khusus yang dipimpin seorang mayor jenderal.

Organ ini merupakan komando operasi di bawah panglima TNI yang terdiri dari satuan-satuan pasukan khusus ketiga matra TNI yang siap dikerahkan sesuai perintah panglima TNI.

Brigjen TNI Farid Makruf optimistis pasukan khusus TNI yang dikirim ke Poso akan mampu menumpas kelompok MIT Poso pimpinan Ali Kalora.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close