Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Inilah Konsep Hunian yang Diimpikan Bung Karno

Jumat, 11 Juni 2021 – 22:21 WIB
Inilah Konsep Hunian yang Diimpikan Bung Karno - JPNN.COM
Arsitek dan ahli tata kota Ir. Bambang Eryudhawan, saat berbincang dalam dalam Episode 11 Talkshow & Musik ‘Bung Karno Series’ persembahan Badan Kebudayaan Nasional Pusat (BKNP) PDI Perjuangan, Jumat (11/6). Foto: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Pertama RI Soekarno atau Bung Karno membayangkan ketika Indonesia telah lepas dari penjajahan, bagaimana caranya membuat rakyatnya merasa bahagia, nyaman dan tenteram.

Salah satunya adalah warga harus memiliki tempat hunian yang nyaman untuk ditinggali.

Hal ini tergambar pada bagaimana seorang Bung Karno merumuskan sebuah konsep hunian yang akan membuat penghuninya merasa bahagia.

Sebuah kondisi nyaman dalam rumah akan memengaruhi perilaku manusia dan memberikan pengaruh secara psikologis bagi penghuninya.

Dengan kata lain, rumah yang nyaman adalah rumah yang mampu mengakomodasi kebutuhan psikis penghuninya.

Meskipun preferensi setiap orang akan kenyamanan sangat beragam, ada hal hal umum yang secara psikologis dapat membantu terciptanya kenyamanan dalam sebuah permukiman.

Hal ini diungkapkan oleh arsitek dan ahli tata kota Ir. Bambang Eryudhawan, dalam Episode 11 Talkshow & Musik ‘Bung Karno Series’ persembahan Badan Kebudayaan Nasional Pusat (BKNP) PDI Perjuangan, Jumat (11/6).

“Bung Karno punya rumus ‘5 P’ dalam membahagiakan rakyatnya. Yakni bahagia dari sisi ‘perut’, ‘pakaian’, ‘perumahan’, ‘pengetahuan’, maupun ‘pergaulan’,” jelas Yudha, sapaan akrab anggota Tim Ahli Cagar Budaya DKI Jakarta  ini.

Bung Karno memiliki konsep hunian atau permukiman yang tidak hanya soal fasilitas lengkap, tetapi juga harus membahagiakan warga yang menempatinya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close