Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Inilah Salah Satu Cara Bea Cukai Mendorong Ekspor dan PEN

Rabu, 30 Juni 2021 – 18:30 WIB
Inilah Salah Satu Cara Bea Cukai Mendorong Ekspor dan PEN - JPNN.COM
Bea Cukai bersinergi dengan berbagai instansi pemerintah untuk mendorong ekspor dan pemulihan ekonomi nasional (PEN). Foto/ilustrasi: Bea Cukai.

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai bersinergi dengan berbagai instansi pemerintah untuk mendorong ekspor dan pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Kali ini, upaya itu dilakukan melalui diskusi terkait penggalian dan peningkatan potensi produk di berbagai daerah.

Selain berdikusi, pertemuan yang dilakukan Bea Cukai dengan berbagai instansi juga untuk menyelaraskan kebijakan mempermudah kegiatan ekspor.

"Mengingat potensi ekspor yang masih terus bisa ditingkatkan, pemerintah perlu bersinergi untuk mewujudkan hal tersebut agar pemulihan ekonomi juga dapat segera tercapai,” ungka Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Bea Cukai Sudiro.

Bea Cukai memberikan asistensi kepada perusahaan komoditas pala dan beberapa produk turunan kelapa agar dapat mengekspor produknya langsung dari Ambon, Maluku. Selain itu, penyelarasan kebijakan dan persepsi ekspor juga dilakukan antara Bea Cukai Ambon dan Stasiun Karantina Kota Ambon.

Upaya peningkatan kegiatan perdagangan luar negeri dari sektor energi dan sumber daya mineral juga dilakukan lewat penyeragaman kebijakan di level pusat dan daerah yang dibahas dalam kegiatan focus group discussion yang diselenggarakan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kalimantan Tengah.

Bea Cukai Palangkaraya dalam kesempatan tersebut juga memberikan pemaparan terkait harmonized system (HS) code produk-produk minerba untuk menciptakan keselarasan pemahaman antarinstansi. Lewat peningkatan pemahaman tersebut tentunya diharapkan akan dapat makin mempermudah kegiatan ekspor.

Dalam meningkatkan potensi produksi dari pedesaan, Bea Cukai telah menciptakan berbagai terobosan seperti klinik ekspor dengan membangun desa devisa, mencari pembeli dari luar negeri untuk UMKM, business matching, serta pengingkatan sinergi dengan instansi terkait.

Bea Cukai terus berupaya mendorong ekspor di berbagai daerah, dalam rangka pemulihan ekonomi nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close