Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Inisiator Bukit Algoritma Puji Langkah Jokowi Perkuat BRIN

Selasa, 04 Mei 2021 – 22:37 WIB
Inisiator Bukit Algoritma Puji Langkah Jokowi Perkuat BRIN - JPNN.COM
Budiman Sudjatmiko. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Inisiator Bukit Algoritma Budiman Sudjatmiko mengapresiasi keputusan pemerintah memperkuat Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Budiman yang berada di balik program pengembangan yang diproyeksikan menjadi semacam Silicon Valley-nya Indonesia itu mengatakan BRIN adalah strategi geopolitik ketahanan nasional.

Ketua Umum Inovator 4.0 Indonesia itu menilai BRIN akan membuat Indonesia takkan melulu dikenal sebagai negara bertumpu pada sumber daya alam serta pasar barang-barang teknologi produksi asing. 

“Indonesia sebagai negara besar secara geografis dan demografis, jelas harus mampu segera membangun keunggulan teknologi dan inovasi sebagai bagian dari strategi ketahanan nasional dan geopolitik agar semakin diperhitungkan oleh dunia,” kata Budiman dalam keterangannya, Selasa (4/5). 

Mantan anggota DPR RI itu melanjutkan, selama ini Indonesia hanya dilihat sebagai negara dengan potensi sumber daya alam yang berlimpah. Serta jumlah penduduknya merupakan pasar yang menggiurkan. Dengan BRIN, sudah saatnya Indonesia bergerak menuju negara berbasis ilmu pengetahuan. 

"Saatnya keanekaragaman hayati dan sosial budaya nusantara yang luar biasa, menjadi pondasi kekuatan ilmu pengetahuan untuk membangun kemajuan bangsa," kata Budiman. 

Budiman menjelaskan, kemajuan teknologi dan inovasi suatu negara, semakin menjadi faktor penentu ketahanan sosial ekonomi sekaligus kekuatan daya tawar geopolitik di tingkat dunia. 

Perlombaan kemajuan teknologi dan inovasi saat ini juga semakin kompetitif. Dimana tidak ada negara yang terlalu dominan menguasai riset dan pengembangan teknologi tertentu. 

Selain itu, harus terbangun kesepakatan internasional untuk menentukan standar dan regulasi implementasi teknologi dan inovasi tersebut. 

Inisiator Bukit Algoritma Budiman Sudjatmiko mengapresiasi keputusan pemerintah memperkuat Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). SDM Indonesia dinilai tak kalah dengan negara lain.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close