Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Inklusi Digital Optimalkan Keterlibatan Perempuan dan UMKM

Jumat, 19 Maret 2021 – 04:14 WIB
Inklusi Digital Optimalkan Keterlibatan Perempuan dan UMKM - JPNN.COM
Kominfo menggelar webinar 'Muda Peduli Inklusi' di Lampung, Kamis (18/3). Foto dok Kominfo

jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Prof. Dr. Henry Subiakto menilai transformasi digital merupakan langkah untuk menjawab tantangan dan tuntutan sejarah, agar Indonesia tidak menjadi negara tertinggal.

Salah satu upaya transformasi digital yang dilakukan pemerintah adalah pembangunan infrastruktur digital berupa jaringan internet hingga ke seluruh pelosok negeri.

“Media sosial sudah menjadi tempat berkumpulnya aktivitas masyarakat secara digital. Kami mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui media digital, seperti UMKM,” ujar Henry dalam webinar 'Muda Peduli Inklusi' di Lampung, Kamis (18/3).

Saat digitalisasi terjadi, menurutnya akan terjadi perubahan yang signifikan dalam kehidupan masyarakat.

Saat ini, sekitar 73,3 persen pengguna internet atau 196,71 juta warga Indonesia menggunakan internet.

Aplikasi online digunakan untuk kegiatan sehari-hari seperti belajar, bekerja, konsultasi kesehatan, naik 443 persen.

“Karena itu dibutuhkan regulasi yang lengkap, kuat dan tegas sekaligus serta pentingnya kesiapan sumber daya manusia yang cerdas dan adaptif. Jangan sampai bangsa kita hanya jadi penonton dan hanya jadi pasar,” harap Henry.

Senada dengan Henry, Tenaga Ahli Kominfo RI Lathifa Al Anshori mengatakan pemerintah berupaya agar transformasi digital bisa menjadi peningkatan kapasitas masyarakat secara inklusif dan humanis.