Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Innalillahi, KH Najib Abdul Qadir Wafat

Senin, 04 Januari 2021 – 22:14 WIB
Innalillahi, KH Najib Abdul Qadir Wafat - JPNN.COM
Pengasuh Ponpes Al-Munawir Krapyak KH Muhammad Najib Abdul Qadir saat menjamu KH Ma'ruf Amin, di kediamannya pada 2018. Foto: Twitter Ponpes Al-Munawwir/Antara

jpnn.com, YOGYAKARTA - Kabar duka datang dari Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Munawwir Krapyak, Kelurahan Panggungharjo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Pengasuh ponpes yang juga Rais Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Muhammad Najib Abdul Qadir wafat pada Senin (4/1) sore.

Salah satu Dewan Pengasuh Ponpes Al-Munawwir KH Fairuzi Afiq Dalhar mengatakan, Kiai Najib berpulang sekitar pukul 17.15 WIB di kediamannya di Kompleks Ponpes Al-Munawwir.

"Karena dia orang (ahli) quran, dia ingin Al-Quran bersinar terus di Ponpes Al-Munawwir ini," kata Fairuzi menyampaikan keinginan dari almarhum semasa hidupnya.

Ketua Rabithah Ma'ahidil Islamiyah (RMI) DIY ini menuturkan bahwa Kiai Najib belum lama berobat ke rumah sakit karena merasakan seperti saraf terjepit pada kaki kirinya sehingga tidak dapat digerakkan.

Selain itu, kata Fairuzi, berdasarkan diagnosa medis paru-paru almarhum juga disebutkan kurang sehat.

Namun demikian, dokter masih memperbolehkan cucu dari pendiri Ponpes Krapyak itu menjalani rawat jalan.

Kondisi kesehatan yang kian menurun membuat almarhum tidak dapat leluasa beraktivitas meski masih dapat berbicara lancar dan memberikan ilmu kepada santrinya.