Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ada Kacang Hijau dari Habib Ja'far Al Kaff untuk Pak Ganjar, Lalu Ditabur di Halaman Rumah

Sabtu, 02 Januari 2021 – 11:36 WIB
Ada Kacang Hijau dari Habib Ja'far Al Kaff untuk Pak Ganjar, Lalu Ditabur di Halaman Rumah - JPNN.COM
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku banyak memiliki kenangan bersama almarhum Habib Ja'far Al Kaff.

Ganjar mengatakan Habib Ja'far merupakan sosok ulama karimastik yang selalu memberi ketenangan kepada semua pihak dan penuh simbol.

"Saya mengucapkan belasungkawa yang dalam atas wafatnya Habib Ja'far, beliau ulama karismatik yang selalu memberikan ketenangan, kalau berbicara adem dan selalu mengajarkan masyarakat tentang cinta Tanah Air," katanya, Sabtu (2/1).

Ganjar menilai Habib Ja'far yang dikenal sebagai wali dengan maqom majdub dan tingkah laku yang kadang nyeleneh, membuatnya terkenal di seluruh Indonesia.

"Beliau itu sering mengatakan pada saya, 'pak gub, saya itu sering mengelilingi rumah njenengan, rumah Kapolda, Pangdam pada pukul 02.00 dini hari'. Saya tanya, lha buat apa bib? beliau jawab ya biar aman saja," kata Ganjar, mengenang.

Ganjar juga mengatakan bahwa dalam pergaulan dan kehidupan sehari-hari Habib Ja'far penuh dengan simbol-simbol.

"Jadi kalau lagi makan bersama, misalnya makan ayam, beliau itu selalu memotong bagian-bagian tertentu misalnya kepala, sayap, ceker, dan dibagi-bagi kepada kami. Beliau memberikan bagian itu sambil bilang, ini buat kamu kepala supaya bisa berpikir, kamu sayap biar bisa terbang ke mana-mana, nah kamu ceker supaya bisa eker-eker rezeki. Saat itu saya dapat bagian sayap, entah apa maksudnya," ujarnya.

Begitu pula saat makan buah-buahan, ketika Ganjar hendak mengambil buah anggur, Habib Ja'far melarangnya dan meminta agar memakan buah jeruk yang ada.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menilai almarhum Habib Ja'far Al Kaff merupakan sosok ulama karimastik yang selalu memberi ketenangan kepada semua pihak dan penuh simbol.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close