Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Inovator UGM Sejalan Dengan Prinsip Inovasi 3M Ala Moeldoko

Selasa, 19 Juli 2016 – 19:41 WIB
Inovator UGM Sejalan Dengan Prinsip Inovasi 3M Ala Moeldoko - JPNN.COM
Moeldoko. Foto: JPNN

JOGJAKARTA – Sikap kenegarawanan mantan Panglima TNI Jenderal Moeldoko memang pantas diacungi dua jempol. Meski sudah bukan lagi Panglima TNI, Moeldoko tetap berusaha memajukan negara.

Salah satunya dengan mencari inovator muda. Sebelumnya, Moeldoko menghelat Panglima TNI Innovation Award saat masih menjabat sebagai orang nomor satu di TNI.

“Untuk itu saya terus mencari dan mendekati para inovator muda walau sudah pensiun,” papar Moeldoko saat bertemu dengan para dosen dan mahasiswa di Kampus Universitas Gadjahmada, Selasa (19/7).

Saat itu, Moeldoko ditemani beberapa dosen dan pembimbing. Di antaranya ialah Prof. Indarto, Prof. Rustadi, Dr. Deendarlianto, Dr. Wiratni dan Dr. Indah. Para mahasiswa pun antusias berdiskusi dengan Moeldoko.

Pembicaraan mengerucut pada tindak lanjut penemuan teknologi microbubble generator (MBG) yang telah dikembangkan oleh tiga mahasiswa UGM. Yaitu Muhammad Nabil Satria Faradis dan Fajar Sidik Abdullah dari teknik mesin dan Untarini Febrian Ramadhani (manajemen FEB).

Mewakili dua kawannya yang tergabung dalam Tim MINO Microbubble Tech, Fajar menjelaskan bahwa teknologi yang dikembangkannya dapat membuat distribusi oksigen dalam kolam menjadi lebih sempurna.

Sebab, gelembung udara dihasilkan dari dasar kolam. Padahal, lanjut Fajar, MBG dikembangkan dari rangkaian sederhana yang terdiri dari dua komponen utama, yaitu pompa dan pipa.

Namun, dalam penerapannya teknologi ini dapat meningkatkan kualitas air di kolam pembiakan ikan sehingga mendukung pertumbuhan ikan dalam kolam.

loading...